alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

49 Calon Jemaah Haji Palembang Pilih Tarik Setoran Dana Haji

Tasmalinda Rabu, 23 Juni 2021 | 05:55 WIB

49 Calon Jemaah Haji Palembang Pilih Tarik Setoran Dana Haji
Ilustrasi Haji Saat Pandemi (Twitter Ministry of Hajj) 49 Jemaah Haji asal Palembang Pilih Tarik Setoran Dana Haji

Sebanyak 49 jemaah haji asal Palembang, Sumatera Selatan pilih ambil dana haji.

SuaraSumsel.id - Sejak Pemerintah memutuskan tidak memberangkatkan ibadah haji pada tahun ini, puluhan jemaah haji asal Palembang, Sumatera Selatan mengambil uang setoran haji.

Setidaknya, kata Kepala Kantor Kementerian Agama  kota Palembang, Deni Priansyah, sudah terdapat puluhan jemaah telah menarik uang ibadah haji secara bertahap, setelah pemerintah pusat membatalkan keberangkatan haji pada 3 Juni 2021 lalu.

Dilansir dari Sumselupdate.com - jaringan Suara.com, adapun setoran awal yang diambil oleh Calon Jemaah Haji (CJH) sebesar Rp25 juta. Dengan diambilnya uang setoran,  maka dengan begitu para calon jemaah haji tidak dapat berangkat jika ingin berangkat walaupun ada porsi keberangkatan haji.

“Ada 49 jamaah yang menarik setoran kembali. Secara otomatis, jika mereka ingin berangkat harus antre ulang. Untuk di Sumsel sesuai porsinya selama di 20 tahun,” katanya, Selasa (22/6/2021)

Baca Juga: Datangi Mapolda Sumsel, Dokter Richard Pertanyakan Laporannya yang Mandek

Dijelaskannya, alasan CJH yang mengambil uang setoran haji pun beragam. Mulai dari jemaah yang sedang sakit hingga faktor ekonomi.  Selain itu,  ada pula ahli waris yang mengambil uang setoran karena CJH telah meninggal dunia.

Menurutnya, penarikan setoran awal haji memang dibolehkan setelah pemerintah membatalkan pemberangkatan ibadah haji 1442 H, penarikan dana tersebut dilakukan dengan dua mekanisme.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait