alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Gerhana Matahari Total Terjadi Besok Hari, Bisa Terlihat di Sumsel?

Tasmalinda Jum'at, 03 Desember 2021 | 09:31 WIB

Gerhana Matahari Total Terjadi Besok Hari, Bisa Terlihat di Sumsel?
Gerhana Matahari Total bakal berlangsung besok. Apakah akan terlihat di Sumsel.[Shutterstock]

Gerhana matahari total terjadi besok, 4 Desember 2021. Apakah gerhana matahari total ini akan terlihat di Sumsel? Ini penjelasannya.

SuaraSumsel.id - Fenomena gerhana matahari total akan terjadi pada Sabtu (4/12/2021) besok. Apakah gerhana matahari ini akan terlihat di Sumsel?

Fenomena gerhana matahari disebutkan sebagai fenomena matahari yang terjadi saat bulan berada di antara bumi dan matahari yang berlangsung dalam satu garis lurus.

Akibatnya, mengakibatkan bayangan di bumi. Fenomena bayangan ini menghalangi cahaya matahari di beberapa daerah baik sebagian atau seluruh.

Melansir LAPAN, gerhana matahari kali ini menjadi gerhana ke-13 dari 70 gerhana pada seri Saros ke-152.

Baca Juga: 5 Tempat Wisata Palembang yang Wajib Didatangi, Jangan Sampai Terlewat!

Gerhana ini terjadi dengan frekuensi yang periodik, yakno pernah terjadi pada tanggal 23 November 2003, serta akan terjadi kembali pada 15 Desember 2039, serta 26 Desember 2057 nanti.

Gerhana matahari yang akan terjadi pada Sabtu, 4 Desember besok, ternyata tidak  bisa diamati di wilayah Indonesia.

Gerhana akan terjadi mulai pukul 10.59 WIB dan gerhana penuh akan terlihat pada pukul 12.30 WIB. Gerhana maksimum terlihat pukul 13.03 WIB dan berakhir pada 15.07 WIB.

Gerhana ini dapat dilihat di beberapa bagian belahan Bumi mulai dari Australia Selatan, Samudera Hindia, Afrika Selatan, Samudera Atlantik, Amerika Selatan, Samudera Pasifik, dan Antartika.

Adapun mereka yang bisa menyaksikannya secara langsung di wilayah Saint Helena, Namibia, Lesotho, Afrika Selatan, Georgia Selatan, dan Kepulauan Sandwich, Kepulauan Crozet, Kepulauan Falkland, Chile, Selandia Baru, dan Australia.

Baca Juga: Meski Pandemi, Gerai Minimarket di Palembang Makin Ramai

Pada wilayah tersebut, gerhana matahari 4 Desember 2021 akan terjadi sebelum, selama dan setelah matahari terbit dan terbenam.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait