Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jalan Lingkar Timur Palembang Ditarget pada 2021

Tasmalinda Rabu, 23 September 2020 | 07:05 WIB

Jalan Lingkar Timur Palembang Ditarget pada 2021
Ilustrasi kemacetan di jalan perkotaan (Antara)

Pemerintah Kota Palembang menargetkan pembangunan jalan lingkar timur pada tahun depan.

SuaraSumsel.id - Pembangunan jalan lingkat timur yang bertujuan mengurai kemacetan kota Palembang ditarget akan terealisasi pada tahun 2021.

Dilansir Antara, Wali Kota Palembang Harnojoyo di Palembang, mengatakan pembangunan akses Jalan Lingkar Timur juga berimbas pada aktivitas ekonomi di Palembang.

“Jadi masalah macet akibat truk-truk yang melintas di jalan kota bisa selesai jika Jalan Lingkar Timur ini terealisasi,” kata dia.

Berdasarkan pengukuran perhubungan, arus lalu lintas truk angkutan barang di Palembang bisa mencapai 400 unit per hari.

Kekinian, Pemerintah Kota (Pemkot) masih menerapkan jam pembatasan untuk truk yang melintas di jalan dalam kota untuk mengurai kemacetan.

“Kami sudah menerapkan perwali untuk operasional truk, mereka hanya boleh melintas pada pukul 21.00 WIB hingga 06.00 WIB,” kata Harnojoyo.

Pemkot menargetkan Jalan Lingkar Timur dapat terealisasi pada 2021. Untuk mempercepat pembangunan, pihaknya pun meminta dukungan Pemprov Sumsel.

Dukungan tersebut, juga mencakup sharing dana untuk pembebasan lahan dalam pembangunan akses infrastruktur itu.

Ilustrasi kemacetan lalu lintas. (Sumber: Shutterstock)
Ilustrasi kemacetan lalu lintas. (Sumber: Shutterstock)

“Kami punya 11 program pembangunan infrastruktur strategis dan sudah saya sampaikan ke gubernur untuk minta dukungan dan responsnya positif,” kata Harnojoyo.

Kepala Badan Perencanaan dan Pembangunan Daerah (Bappeda) Kota Palembang Harrey Hadi mengatakan akses jalan lingkat timur sepanjang 20,3 kilometer tersebut akan menghubungkan Jalan Noerdin Panji dan Jalan Mayor Zen.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait