facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sumsel Butuh 8.000 Ekor Sapi Saat Momen Idul Adha

Tasmalinda Minggu, 22 Mei 2022 | 19:09 WIB

Sumsel Butuh 8.000 Ekor Sapi Saat Momen Idul Adha
Ilustrasi kebutuhan sapi . Sumsel butuh 8.000 sapi saat momen Idul Adha suara.com/partahi)

Sumatera Selatan atau Sumsel butuh setidaknya 8.000 ekor sapi saat momen Idul Adha mendatang

SuaraSumsel.id - Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan menjamin pasokan sebanyak 8.000 sapi guna memenuhi kebutuhan masyarakat saat Hari Raya Idul Adha 1443 Hijriah.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Sumsel Ruzuan Effendi mengatakan kebutuhan sapi potong di Sumsel setiap perayaan Idul Adha mencapai sekitar delapan ribu ekor.

Jumlah tersebut berdasarkan data permintaan Idul Adha yang dihimpun Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan dari 17 kabupaten dan kota pada dalam beberapa tahun terakhir.

"Kebutuhan hewan kurban khususnya sapi di Sumsel mencapai sekitar tujuh sampai delapan ribu ekor," katanya melansir ANTARA.

Baca Juga: Ibu Rumah Tangga di Sumsel Tewas Dibunuh, Polisi Masih Selidiki Motif dan Pelaku Pembunuhan

Dari jumlah kebutuhan hewan kurban tersebut yang sudah tersedia di antaranya, sebanyak 1.500 ekor di Kabupaten Ogan Ilir, 2.000 hingga 3.000 ekor di Ogan Komering Ulu Timur, dan sebanyak 800 ekor di Ogan Komering Ulu.

"Ketersediaan di kabupaten/kota lainnya seperti Palembang saat ini sedang dalam proses pendataan tim di lapangan untuk memastikan pasokan benar-benar aman di Idul Adha ini," kata dia didampingi Kepala Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Kota Palembang Sayuti.

Melansir ANTARA, mengatakan tim yang dikerahkan Pemprov Sumsel tersebut juga melakukan upaya meminimalisasi penyebaran penyakit mulut dan kuku (PMK) seperti memberikan vitamin, penyemprotan disinfektan pada kandang.

"Akan lebih baik mudah-mudahan dalam waktu dekat sudah menerima vaksin dari pemerintah pusat untuk menjamin kekebalan hewan kurban dari paparan penyakit," pungkasnya.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca Sumsel 22 Mei 2022: Daerah Dataran Rendah Bersuhu Terik 34 Derajat Celcius

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait