facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jelang Puncak Musim Kemarau, Tujuh Wilayah di Sumsel Ini Rawan Karhutla

Tasmalinda Rabu, 18 Mei 2022 | 19:19 WIB

Jelang Puncak Musim Kemarau, Tujuh Wilayah di Sumsel Ini Rawan Karhutla
Kebakaran hutan dan lahan atau karhutla di Sumsel [ANTARA]

Meski saat ini masih pancaroba berdasarkan catatan kami sejak awal tahun titik panas yang terpantau totalnya sebanyak 608 titik,"

SuaraSumsel.id - Badan Penanggulangan Bencana Daerah Sumatera Selatan (BPBD Sumsel) memetakan kawasan di daerah ini yang rawan terjadi kebakaran hutan dan lahan (karhutla) di tahun 2022.

Kepala Bidang Penanganan Kedaruratan BPBD Sumsel Ansori mengungkapkan terdapat tujuh kawasan dikategorikan rawan karhutla berdasarkan perhitungan secara letak geografis yang memiliki lahan gambut relatif luas.

Adapun upaya pencegahan karhutla di masing-masing kawasan itu harus menjadi perhatian khusus seiring memasuki musim kemarau yang puncaknya diprediksi berlangsung pada Agustus mendatang.

“Meski saat ini masih pancaroba berdasarkan catatan kami sejak awal tahun titik panas yang terpantau totalnya sebanyak 608 titik," katanya.

Baca Juga: Curhat Istri di Sumsel Soal Perselingkuhan Viral, Pakar Ilmu Islam UIN Raden Fatah Beri Tanggapan Begini

Daerah rawan karhutla tersebut tersebar di tujuh Kabupaten yakni Ogan Komering Ilir, Musi Banyuasin, Banyuasin, Muara Enim, PALI, Ogan Komering Ulu Selatan, dan Lahat.

Titik panas itu tersebar di beberapa wilayah di Sumsel kecuali di Palembang namun tidak selalu berujung kepada karhutla.

BPBD Sumsel sudah menyiagakan personel lengkap dengan peralatan penunjang seperti arahan berdasarkan Surat Keputusan Gubernur terkait siaga karhutla.

"Mereka akan diturunkan menyesuaikan ekskalasi di lapangan bila kondisi (karhutla) masih kecil, masih menjadi tanggung jawab daerah tersebut, tentu, kami juga telah mengajukan penggunakan delapan unit helikopter water boombing kepada pemerintah pusat,” ujarnya. (ANTARA)

Baca Juga: Bergerak Produktif, Kelompok Disabilitas di Sumsel Kembangkan Lele di Kolam Tanah

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait