facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Curah Hujan Masih Tinggi, Pasien DBD di Palembang juga Meningkat

Tasmalinda Jum'at, 28 Januari 2022 | 07:05 WIB

Curah Hujan Masih Tinggi, Pasien DBD di Palembang juga Meningkat
Curah hujan masih tinggi, pasien DBD di Palembang juga meningkat (Shutterstock]

Pasien DBD di Palembang meningkat seiring curah hujan yang masih tinggi hingga Januari ini.

SuaraSumsel.id - Dinas Kesehatan Kota Palembang, Sumatera Selatan mencatat kasus penyakit Demam Berdarah Dengue (DBD) di kota itu per Januari 2022 meningkat. Pasien didominasi oleh remaja (5-14 tahun) dan dewasa (15-44 tahun).

Kepala Seksi Pencegahan dan Pengendalian Penyakit Menular Dinas Kesehatan Kota Palembang Yudhi Setiawanmengatakan pihaknya mencatat secara keseluruhan untuk sementara ada sebanyak 43 orang penderita DBD.

Jumlah penderita DBD tersebut berasal dari 21 puskesmas yang tersebar sedikitnya di lima Kecamatan selama Januari 2022 ini.

"Dari data tersebut sementara ini paling tinggi itu di usia 4-15 tahun, 23 orang," kata dia, sekaligus sementara ini juga belum menemukan kasus meninggal dunia karena DBD.

Baca Juga: Kisah Perompak di Sumsel yang Sial: Mau Merampok Malah Terpeleset dan Berhasil Dilumpuhkan

Jumlah kasus penderita DBD di Palembang Januari 2022 mengalami peningkatan bila dibandingkan pada tiga bulan terakhir di 2021. Penderita untuk usia 15-44 tahun tercatat ada sebanyak 15 orang, usia 1-4 tahun ada lima orang.

Kemudian penderita DBD untuk usia 4-15 tahun ada sebanyak 23 orang sedangkan untuk 0-4 tahun dan di atas 44 tahun belum ada atau nihil.

Brdasarkan temuan di lapangan, peningkatan kasus tersebut terjadi karena tingginya curah hujan sejak Oktober 2021 sampai dengan Januari 2022 di Palembang.

Dengan kondisi yang basah tersebut menyebabkan potensi untuk timbulnya tempat perindukan nyamuk juga menjadi tinggi."Secara periodik juga dilakukan fooging (pengasapan) untuk memberantas jentik nyamuk penyebab DBD tersebut," pngkasnya (ANTARA)

Baca Juga: PWNU Sumsel Dirikan Teknologi Sains Nahdlatul Ulama Sriwijaya, Segera Diresmikan

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait