alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Cegah Masyarakat Terjerat Pinjol Ilegal, Ini Langkah Gubernur Babel

Wakos Reza Gautama Sabtu, 04 Desember 2021 | 11:37 WIB

Cegah Masyarakat Terjerat Pinjol Ilegal, Ini Langkah Gubernur Babel
Ilustrasi Gubernur Babel Erzaldi Rosman. Gubernur Babel Erzaldi mendorong penyerapan KUR agar masyarakat tidak terjerat pinjol ilegal. [Suara.com/Wahyu Kurniawan]

mendorong peningkatan kredit usaha rakyat (KUR) agar masyarakat tidak terjerat pinjol.

SuaraSumsel.id - Gubernur Kepulauan Bangka Belitung Erzaldi Rosman Djohan memiliki cara untuk mencegah masyarakat terjerat pinjaman online (pinjol) ilegal. 

Cara yang dilakukan Erzaldi adalah dengan mendorong peningkatan kredit usaha rakyat (KUR) agar masyarakat tidak terjerat pinjol. 

"Kita terus mendorong masyarakat untuk memanfaatkan KUR ini agar mereka tidak terjebak pinjol tidak jelas," katanya di Pangkalpinang, Sabtu (4/12/2021) dikutip dari ANTARA.

Ia mengatakan dalam menimalisasi dan mencegah pinjol ilegal ini, pemerintah provinsi bersama aparat kepolisian terus mengawasi dan menindak, agar masyarakat tidak terjebak dengan pinjaman oline ilegal yang marak ini.

Baca Juga: Kominfo: Konten Judi Online Marak karena Pinjol Ilegal

"Kita tetap mengawasi dan mendorong masyarakat tidak meminjam uang di pinjol ilegal ini," katanya.

Ia mengakui pengawasan pinjol ilegal ini masih kurang optimal, karena sumber daya manusia terbatas dan teknologi mengawasi pinjol yang kurang memadai.

"Pinjol ini dilakukan melalui handphone dan bisa dilakukan di mana saja, sehingga pemerintah daerah cukup sulit mengawasi pinjol ilegal yang merugikan masyarakat di tengah pandemi ini," katanya.

Kepala Kanwil Ditjen Perbendaharaan Babel Edih Mulyadi mengatakan realisasi KUR yang disalurkan perbankan kepada UMKM sudah sangat baik.

"Realisasi KUR tahun ini kembali meningkat, karena adanya program KUR Super Mikro (SUMI) yang diluncurkan pemerintah untuk membantu pelaku UMKM dalam mengembangkan dan meningkatkan produksi di tengah pendemi COVID-19 ini," katanya. (ANTARA)

Baca Juga: 5 Tips Menghindari Penipuan, Wajib Tahu agar Tidak Jadi Korban

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait