alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sungai Kelakar Meluap, 12 Kelurahan di Prabumulih Terendam Banjir

Tasmalinda Kamis, 16 September 2021 | 14:40 WIB

Sungai Kelakar Meluap, 12 Kelurahan di Prabumulih Terendam Banjir
banjir mengepung Prabumulih [ist] Sungai Kelakar Meluap, 12 Kelurahan di Prabumulih Terendam Banjir

Sungai Kelakar di kota Prabumulih meluap, akibatnya 12 kelurahan terendam banjir.

SuaraSumsel.id - Hujan deras yang mengguyur kota Prabumulih, Rabu (15/9/2021) sejak pukul 19.00 Wib menyebabkan setidaknya 12 kelurahan terendam banjir.

Hujan deras selama dua jam mengakibatkan banjir meluas dengan ketinggian air yang bervariasi. Berdasarkan data Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kota Prabumulih setidaknya 12 daerah yang terendam banjir.

Belasan daerah tersebut diantaranya Kecamatan Prabumulih Timur terdiri dari Kelurahan Karang Raja, Tugu Kecil, Muara Dua, Gunung Ibul dan Gunung Ibul Barat. Kemudian Kecamatan Prabumulih Barat yakni Kelurahan Patih Galung dan Prabumulih.

Kecamatan Prabumulih Selatan yaitu Kelurahan Sukaraja dan Majasari Kemudian, Kecamatan Prabumulih Utara yakni Kelurahan Mangga Besar, Wonosari dan Anak Petai.

Baca Juga: Sri Maya Atlet Atletik Sumsel Diunggulkan Raih Medali Emas PON XX

Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) kota Prabumulih Sriyono mengatakan saat terjadi hujan setidaknya 12 kelurahan mengalami dampaknya.

" Banjir ini disebabkan karena hujan yang terjadi selama dua jam. Awalnya 5 Kelurahan saja namun meluas menjadi 12 Kelurahan, tapi siang ini sudah surut dan tinggal satu RT saja yang banjir di Kelurahan Prabumulih,Kota Prabumulih,"katanya saat dihubungi Suara.com, Kamis (16/9/2021). 

Ia pun menyebut faktornya ialah intensitas hujan yang tinggi yang mengakibatkan sungai tidak mampu menampung debit air yang terus bertambah.

" Kelurahan yang terdampak banjir ini berada di daerah aliran sungai Kelakar. Curah hujan tinggi, membuat air sungai meluap dan mengakibatkan banjir di daerah tersebut," terangnya. 

BPBD sedang melakukan pendataan warga yang terdampak akan banjir ini.

Baca Juga: Nelayan Sumsel Diminta Waspada saat Melaut, Cuaca Memburuk

" Dari data sementara warga yang rumahnya terdampak banjir sudah mulai suruh dan warga juga sudah mulai melakukan pembersihan rumahbdan perabotannya," ujarnya sekaligus mengingatkan warga agar lebih waspada karena Prabumulih tengah berada di musim pancaroba ke musim hujan.

Sejumlah media sosial pun membagikan kejadian banjir yang melanda kota Prabumulih. Banyak yang menyebutkan hampir sama dengan kota Palembang yang juga kerap terendam banjir.

" Pak Ridho tolong aku pak Ridho, hancur galo kulkas aku buat jualan es. Ya allah ya tuhan ku," kata salah seorang warga yang di unggah melalui instagram viralprabumulih. 

Kontributor: Welly Jasrial Tanjung

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait