alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Motor Sering Terendam Banjir? Begini Cara Hindari Kerusakannya

Tasmalinda Selasa, 23 Februari 2021 | 12:07 WIB

Motor Sering Terendam Banjir? Begini Cara Hindari Kerusakannya
Motor terendam Banjir. (Foto : Sadar Laia/suaraindonesia.co.id) Begini menghindari kerusakan mesin motor saat terendam banjir.

Motor kesayangan Anda sering menghadang banjir, begini cara menghindari kerusakan mesinnya.

SuaraSumsel.id - Intensitas hujan yang tinggi juga bisa berimbas pada motor kesayangan Anda. Saat motor sering menerjang banjir, potensi kerusakan juga bisa terjadi.

Namun Anda bisa memperhatikan saat motor sering menghadang banjir. Beberapa hal berikut bisa diperhatikan guna menghindari kerusakan motor kesayangan.

Memperhatikan komponen wajib motor

Beberapa komponen atau bagian wajib diperhatikan ketika terjadi banjir atau motor terendam. Bagian ini cukup krusial untuk fungsi motor, sehingga harus mendapat perlakuan tepat.

Baca Juga: Terbit Edaran Gubernur, Belajar Daring di Sumsel Bisa Diakhiri Februari Ini

  • Busi, merupakan komponen pengapian yang rentan jika terkena air. Ketika busi terkena air, risiko korsleting bisa terjadi. ketika motor terlanjur terendam, segera lepas busi dan keringkan sebelum digunakan kembali.
  • Aki, salah satu sumber kelistrikan pada motor adalah aki. Secara alami, listrik dan air memang tidak bisa bersinggungan. Maka untuk keamanan, lepaskan juga aki motor dari motor yang terendam. Pastikan semua bagian aki dikeringkan.
  • Filter udara, bagian ini juga sebisa mungkin segera dikeringkan setelah terendam banjir. Bukan apa-apa, filter udara yang basah membuka resiko masuknya air ke ruang pengapian, yang artinya kabar buruk untuk motor Anda.
  • Oli dan transmisi, tentu saja, tabung atau ruang penyimpanan oli harus dipastikan tidak bocor dan tidak ada air yang masuk. Sebab hal ini bisa mengganggu pengapian dan performa pelumasan. Selain itu untuk transmisinya, juga wajib dipastikan kering sebelum kembali dinyalakan.
Ilustrasi motor bermotif serat karbon. (Facebook/webike.id)
Ilustrasi motor (Facebook/webike.id)

Cara Menyelamatkan Motor Terendam Banjir

Ini yang bisa Anda lakukan ketika motor terendam banjir. Motot jangan langsung dinyalakan namun lakukan langkah-langkah berikut:

  • Cuci dan bersihkan semua lumpur dari bagian yang terlihat. Amankan dari genangan air.
  • Lepaskan, bersihkan, dan keringkan beberapa bagian yang sudah disebutkan di poin sebelumnya, yakni busi, aki motor, filter udara, transmisi, serta oli.
  • Untuk oli dan filter udara, sangat direkomendasikan untuk melakukan penggantian jika sudah terendam banjir, karena tak lagi dapat memberikan performa yang optimal.
  • Setelah semua dibersihkan, dikeringkan, dan dipasang kembali, coba nyalakan motor dan panasi mesinnya selama kurang lebih 10 menit.
  • Untuk langkah terakhir, pastikan tidak ada kebocoran pada bagian mesin motor.
  • Jika diperlukan segera bawa motor ke servis resmi terdekat untuk mendapat perhatian profesional.

Nah, itu tadi cara menyelamatkan motor terendam banjir. Perhatian ekstra memang harus diberikan, karena motor tidak didesain untuk bisa terendam banjir.

Resiko kerusakan akan muncul ketika motor terendam banjir. Jadi, ada baiknya untuk melakukan langkah-langkah tersebut dengan cermat dan teliti.

Sumber: Suara.com

Baca Juga: PT Bank Syariah Indonesia Kucurkan Sindikasi Pembiayaan Jalintim Sumsel

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait