alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pengendara Sepeda di Palembang Bisa Manfaatkan Jalur Sepeda Selama 9 Jam

Tasmalinda Minggu, 11 Oktober 2020 | 16:33 WIB

Pengendara Sepeda di Palembang Bisa Manfaatkan Jalur Sepeda Selama  9 Jam
Ilustrasi sepeda dengan lampu di bagian belakang untuk menginformasikan situasi pesepeda kepada pengguna jalan raya lainnya [Envato Elements/Grigory Bruev].

Pemerintah kota akhirnya mengaminin jalur bagi para pesepeda. Penggunaannya selama 9 jam / hari.

SuaraSumsel.id - Bagi para pengendara sepeda di kota Palembang, Sumatera Selatan sudah bisa lebih leluasa memanfaatkan jalur sepeda yang disediakan Pemerintah.

Jalur sepeda yang dipersiapkan akan berlaku selama 9 jam setiap harinya.

Wali Kota Palembang, Harnojoyo, mengatakan Kota Palembang menjadi salah satu kota metropolitan yang bersih di Indonesia sehingga pengadaan jalur sepeda memang perlu diperluas guna mempertahankan pengurangan gas emisi kendaraan tersebut.

Pemerintah mulai mengoperasionalkan satu dari tiga jalur sepeda guna memfasilitasi penggendara sepeda sekaligus merangsang kebiasaan hidup sehat dan mengurangi polusi.

Baca Juga: Makanan Ini Tak Direkomendasikan Untuk Sarapan, Ada Kesukaanmu?

"Jalur sepeda bisa digunakan setiap hari dan sudah ada rambu khususnya," ujar Harnojoyo saat peluncuran jalur sepeda di Taman Kambang Iwak.

Jalur sepeda yang baru diluncurkan tersebut merupakan jalur ketiga yakni mulai dari Jalan Kambang Iwak-Jalan Tasik-Jalan Ki Renggo Wirosantiko-Jalan Kapten A Rivai-Jalan POM IX-Jalan Sumpah Pemuda-Jalan Angkatan 45-Jalan Kapten A Rivai-Jalan Ahmad Dahlan dan Jalan Tasik sepanjang enam kilometer.

Jalur sepeda dioperasionalkan pukul 05.00 WIB-10.00 WIB dan 15.00 WIB-19.00 WIB.

Harnojoyo juga meminta masyarakat baik pengelola bangunan maupun pengendara agar tidak parkir ataupun menghalangi jalur sepeda selebar satu meter ketika jam operasional.

“Karena adanya jalur itu juga untuk menjamin keselamatan para pesepeda. Jika masih membandel maka kendaraan penghalang jalur sepeda akan ditertibkan Dishub Palembang,” tegas dia.

Baca Juga: Surat Pernyataan Ini Lebay, Polisi di Palembang Larang Mahasiswa Aksi

Selain itu, masih ada jalur sepeda rute pertama sepanjang empat kilometer di wilayah pusat kota dan rute kedua sepanjang 12 kilometer di wilayah Jakabaring yang juga sedang proses pengajuan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait