facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Candi Muaro Jambi Jadi Wisata Berbasis Sejarah, Miliki Jejak Peradaban Candi Borobudur

Tasmalinda Jum'at, 04 Maret 2022 | 06:05 WIB

Candi Muaro Jambi Jadi Wisata Berbasis Sejarah, Miliki Jejak Peradaban Candi Borobudur
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno memberikan keterangan pers di Candi Muaro Jambi. [ANTARA]

Kawasan percandian Muaro Jambi menjadi wisata berbasis sejarah di Indonesia.

SuaraSumsel.id - Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Salahudin Uno memastikan kawasan percandian Muaro Jambi menjadi wisata berbasis sejarah di Indonesia.

"Sesuai arahan dari Pemerintah Pusat dan dari lintas kementerian, Candi Muaro Jambi akan menjadi pemikiran pemerintah pusat untuk dikembangkan menjadi wisata berbasis sejarah," kata Sandiaga Uno di Jambi, Kamis.

Saat ini, Candi Borobudur merupakan wisata super prioritas yang akan dikembangkan oleh Pemerintah Pusat. yang uniknya mempunyai jejak peradaban yang bermula dari Candi Muaro Jambi.

Pengembangan kawasan Candi Borobudur akan dilakukan secara satu kesatuan dengan komplek percandian Muaro Jambi.

Baca Juga: Tokoh Masyarakat Beri Masukan Pembenahan Dasar Hukum Pembentukan Provinsi Sumsel

Percandian Muaro Jambi memiliki sejarah institusi pendidikan tertua di dunia, dengan komplek percandian merupakan institusi pendidikan berbasis pendidikan tinggi menghasilkan kreativitas dan inovasi.

"Kami ingin mengembangkan jejak tentang peradaban yang sebetulnya menjadi pengembangan super prioritas Candi Borobudur yang ternyata jejak peradabannya itu ada di Candi Muaro Jambi," kata Sandiaga Uno.

Kepastian Candi Muaro Jambi sebagai destinasi wisata berbasis edukasi, Sandiaga Uno berharap dapat meningkatkan penjualan dari produk-produk ekonomi kreatif di Provinsi Jambi.

"Jambi memiliki produk-produk ekonomi kreatif berkelas dunia, seperti teh Kerinci yang diminum oleh Ratu Elizabeth (Inggris), harapannya ini akan mengembangkan ekonomi kreatif di Jambi," katanya.  (ANTARA)

Baca Juga: NU Rayakan Harlah ke-96 di Sumsel, Selain Ketua PBNU Gus Yahya juga Dihadiri Sejumlah Menteri

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait