facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pekerja Waskita Tidak Laporkan Penemuan Nisan Makam Kuno, Budayawan Palembang: Jangan Sampai Terulang

Wakos Reza Gautama Jum'at, 21 Januari 2022 | 08:33 WIB

Pekerja Waskita Tidak Laporkan Penemuan Nisan Makam Kuno, Budayawan Palembang: Jangan Sampai Terulang
Temuan nisan kuno di proyek PT Waskita Karya. Budayawan Palembang berharap kasus penemuan nisan kuno yang tidak dilaporkan ini jangan sampai terulang. [ist]

Ali Goik berharap kasus seperti penemuan batu nisan makam kuno itu jangan sampai terulang kembali.

SuaraSumsel.id - Budayawan di Kota Palembang, Sumatera Selatan, Ali Goik, mengimbau masyarakat melaporkan temuan benda yang tergolong cagar budaya kepada pihak Dinas Kebudayaan dan Kepolisian terdekat.

Pernyataan ini disampaikan Ali Goik menanggapi kasus penemuan batu nisan makam kuno oleh pekerja proyek galian pipa instalasi pengolahan air limbah (Ipal) PT Waskita yang tidak melapor ke pihak berwenang.

Ali Goik berharap kasus seperti penemuan batu nisan makam kuno itu jangan sampai terulang kembali.

Menurut dia, jika masyarakat atau pekerja suatu proyek pembangunan di Bumi Sriwijaya menemukan benda cagar budaya atau peninggalan sejarah zaman Kerajaan Sriwijaya dan Kesultanan Palembang wajib melaporkannya kepada pihak berwenang.

Baca Juga: Belum Ditemukan Vaksin COVID-19 Kedaluwarsa di Sumsel

Ketentuan wajib melaporkan penemuan benda cagar budaya diatur dalam Peraturan Daerah (Perda) No.11 Tahun 2020 Tentang Pelestarian dan Pengelolaan Cagar Budaya yang ditetapkan oleh Wali Kota Palembang Harnojoyo pada 29 Desember 2020.

Dalam Perda tersebut pasal 21 disebutkan setiap orang yang menemukan benda yang diduga benda cagar budaya, bangunan yang diduga bangunan cagar budaya, struktur yang diduga struktur cagar budaya, dan/atau lokasi yang diduga situs cagar budaya, wajib melaporkannya kepada Dinas Kebudayaan, Kepolisian, dan/atau instansi terkait paling lama 30 hari sejak ditemukannya.

Berdasarkan ketentuan itu, siapapun yang menemukan benda yang diduga cagar budaya namun tidak melaporkannya bisa diproses sesuai dengan ketentuan hukum dan Perda tentang pelestarian dan pengelolaan cagar budaya, kata Ali Goik.

Dia menjelaskan, masyarakat Palembang dikejutkan dengan pemberitaan di media massa dan medsos mengenai temuan batu nisan kuno di galian pipa ipal yang dikerjakan oleh PT. Waskita di Jalan Tengkuruk blok C 17 Ilir Kecamatan Ilir Timur I Palembang, Jumat (14/1/2022).

Pemberitaan penemuan nisan itu menjadi viral dan menarik perhatian publik dari berbagai kalangan.

Baca Juga: Sumsel Dirikan Kampung Buah, Genjot Pertanian Holtikultura

Foto batu nisan yang viral, berawal dari inisiatif Upik salah seorang warga dan pemilik warung kopi yang tinggal di dekat lokasi penemuan nisan kuno itu.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait