alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Hikmah Menahan Lapar dan Bahaya Kekenyangan Menurut Imam Al-Ghazali

Tasmalinda Selasa, 13 April 2021 | 17:10 WIB

Hikmah Menahan Lapar dan Bahaya Kekenyangan Menurut Imam Al-Ghazali
Ilustrasi Imam Al-Ghazali. (NU Online) Hikmah Manfaat Menahan Lapar dan Bahaya Kekayangan Menurut Imam Al-Ghazali

Puasa terutama puasa Ramadhan mengajarkan umat islam agar mengendalikan hawa nafsu atau dengan kata lain mampu menahan lapar dan menghindari kekeyangan.

SuaraSumsel.id - Sering kali pertanyaan muncul mengenai puasa, terutama puasa Ramadhan. Menanyakan mengapa umat muslim harus puasa dengan menahan lapar, hingga menjauhi kekenyangan.

Menahan lapar dan haus dengan berpuasa. Namun puasa tidak hanya mengajarkan umat muslim untuk menahan lapar dan haus semata.

Puasa mengajarkan untuk tidak memakan makanan yang haram, tapi jelas-jelas makanan yang halal pun akan menjadi haram jika pada waktu wajib berpuasa.

Ada waktu yang tepat dengan kuantitas yang makanan yang ditentukan, yakni setelah waktu magrib tiba dengan sepertiga dari daya tampung perut.

Baca Juga: Kredit Macet BPR Sumsel Rp 21 M, Pemprov Sertakan Modal Rp 118 M

Lalu apa yang hendak diajarkan Allah dengan ibadah puasa ini?.

Seorang ulama besar, Imam Al Ghazali berpendapat. Menurut beliau, lapar ialah pintu untuk menahan segala macam nafsu sehingga lebih mudah untuk ditundukkan.Hal itu akan menjadikan seseorang lebih mulia di hadapan Allah SWT.

Sementara kekeyangan adalah sumber dari berbagai macam nafsu, mulai dari nafsu syahwat, hingga nafsu amarah yang akan sangat sulit untuk dikendalikan jika dalam keadaan kenyang.

Rosullah SAW bersabda

"Perangilah nafsumu dengan rasa lapar dan rasa haus karena sesungguhnya pahala di dalam seperti pahala berperang di jalan Allah,"

Baca Juga: Sejak Masa Sriwijaya, Sumsel Terkenal dengan Tiga Jenis Lada Ini

(HR. Al-Ahmad)

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait