alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Niat Puasa dan Doa Ramadhan Hari Pertama, Lengkap Artinya

Tasmalinda Senin, 12 April 2021 | 22:53 WIB

Niat Puasa dan Doa Ramadhan Hari Pertama, Lengkap Artinya
Berdoa (shutterstock) Niat Puasa dan Doa Ramadhan Hari Pertama, Lengkap Artinya

Bulan Ramadhan ialah bulan istimewa, karena Allah memberikan banyak rahmat dan pintu hidayahnya. Berikut ini niat dan doa puasa Ramadhan, serta artinya.

SuaraSumsel.id - Niat puasa Ramadhan sebaiknya dibaca usai salat witir, tepatnya setelah doa salat terakhir dilaksanakan pada malam hari. Berniat puasa biasanya dibacakan oleh imam salat, dan bisa dibacakan sendiri-sendiri.

Niat puasa Ramadhan dibaca setiap malam saat hendak melaksanakan puasa. Diketahui ibadah puasa dilaksanakan sepanjang bulan Ramadhan, kecuali yang berhalangan seperti halnya mereka yang sedang sakit, dalam perjalanan jauh, sedang haid bagi perempuan atau nifas.

Bacaan niat puasa Ramadhan

"Bismillahirrohmanirrahim, Nawaitu shouma ghadin an ada'ai fardlu syahri romadhooni hadzihis sanati lillaahi ta’aalaa".

Baca Juga: Sejak Masa Sriwijaya, Sumsel Terkenal dengan Tiga Jenis Lada Ini

Artinya: 

“Dengan menyebut nama Allah yang Maha Pengasih dan Maha Penyanyang. Saya berniat puasa fardu besok, untuk menunaikan kewajiban di bulan Ramadhan tahun ini, karena Allah Ta’aalaa.”

Pada hari pertama Ramadhan merupakan waktu yang dinanti. Adapun doa yang bisa dipanjatkan pada hari pertama Ramadhan yakni:

"Allahummaj"al Siyani Fihi Siyama AS-Samina Wa Qiyami Fihi Qiyama al-Qaimani Wa Nabbahni Fihi An Naumihi al Ghafilina Wahabli Jurmi Fihi Ya Ilaha al alamina wa fu Anni Ya Afiyan Ani Al Mujrimin.

Artinya:

Baca Juga: Gerebek Kampung Narkoba Tangga Buntung, Brimob Polda Sumsel Diturunkan

"Ya Allah, jadikanlah puasaku sebagai puasa orang yang benar-benar berpuasa, dan ibadah malamku sebagai ibadah orang-orang yang benar-benar melakukan ibadah malam. Dan jagalah, aku dari tidurnya orang -orang yang lalai. Hapuskanlah, dosaku. Wahai Tuhan sekalian Alam. Ampunilah aku, wahai Pengampun, para pembuat dosa,".

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait