alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Nia Ramadani Panggil Tuhan dengan Kata "Loe", Begini Tanggapan Ustaz Solmed

Tasmalinda Selasa, 23 Februari 2021 | 18:03 WIB

Nia Ramadani Panggil Tuhan dengan Kata "Loe", Begini Tanggapan Ustaz Solmed
Aktris Nia Ramadhani [Suara.com/Alfian Winanto] Sempat memanggil Tuhan dengan kata Loe, ini tanggapan Ustad Solmed

Artis sekaligus istri pengusaha, Nia Ramadani memanggil Tuhan dengan kata Loe, Ustad Solmed beri pendapatnya.

SuaraSumsel.id - Panggilan "Loe" yang disematkan artis Nia Ramadhani menuai komentar pedas dari netizen. Menurut netizen, Nia Ramadhani terlalu tinggi hati dengan panggilan tersebut.

Perbedatan ini pun ditanggapi Ustaz Solmed dengan upaya menengahinya. Menurut ia, memang tidak ada dalil-dalil penyebutan Tuhan, namun pemanggilan tersebut soal etika saja.

"Ya kalau memang merasa itu tanda keakraban, itu kan soal hati tapi kalau bagian dari melecehehkan, semua kembali lagi kepada hati si penulis (pembicara)," kata ustaz Solmed kepada MataMata.com, - Jaringan Suara.com Senin (22/2/2021).

Pernyataan Nia Ramadhani menyebut Tuhannya dengan 'loe' menurut ustaz Solmed lebih kepada bentuk keakraban, mungkin karena Nia merasa dekat dengan Tuhannya. 

Baca Juga: Ini Penyebab Produktivitas Padi Sumsel Masih Rendah

"Aaa itu kan kalimat, waah itu ungkapan akrab. Orang berani bilang itu kepada seseorang yang umumnya sangat dekat. Mungkin Nia merasa sudah sangat dekat sama Allah, terus dia merasa bahwa ya gue pake kalimat ini. 'Baik banget sih (Tuhan) udah dikasih tau bahwa jangan sombong'," jelasnya.

Ustad Solmed saat ditahan pihak imigrasi Singapura di Bandara Changi, Jumat 2 Juni 2017 [Twitter]
Ustad Solmed  [Twitter]

Ustad Solmed kembali menegaskan jika mengenai komentar tersebut kasar atau tidak, sopan atau tidak maka hal tersebut bergantung sudut pandang.

"Sebab, secara bahasa, 'loe atau gue' adalah bahasa sehari-hari masyarakat betawi," ujarnya.

Kemudian, ada pula bahasa Arab, 'ana-anta' (saya dan kamu) menjadi ane dan ente. Nah jadi, ya buat Betawi, loe gue nggak kasar.

"Kasar ini menurut siapa? Dalam pandangan bahasa Betawi, itu biasa diucapkan. Baik kepada anak, maupun orangtua," sambungnya.

Baca Juga: Tes Urine Acak, Satu Bintara Polda Sumsel Terkonfirmasi Positif Narkoba

Namun Ustad Solmed kembali menekankan jika panggilan tersebut disesuaikan pada niat, dan harus melihat kalimatnya terlebih dahulu.

"Tapi kalau diliat dari kalimatnya, itu benar-benar ingin ucapkan terima kasih. Bahwa dengan kejadian itu, Allah sudah memberikan informasi kepadanya bahwa dia tidak boleh sombong. Itu menunjukkan rasa terima kasih," pungkasnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait