Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Internet Gratis di Palembang Sediakan Aplikasi Youtube dan Google

Tasmalinda Jum'at, 16 Oktober 2020 | 17:06 WIB

Internet Gratis di Palembang Sediakan Aplikasi Youtube dan Google
Ilustrasi belajar di rumah. [Antara Foto]

Internet gratis bagi pelajar Palembang hanya terbatas aplikasi tertentu

SuaraSumsel.id - Dinas Pendidikan atau Disdik Kota Palembang menyediakan jaringan internet gratis bagi pelajar.

Kekinian, Dinas Pendidikan tengah mempersiapkan jaringan tersebut agar bisa digunakan pelajar guna mendukung Pembelajaran Jarak Jauh (PJJ).

Sebanyak 60 tower disiapkan guna memancarkan internet gratis tersebut bagi pelajar Sekolah Dasar (SD) dan Sekolah Menengah Pertama (SMP).

“Jika yang milik Disdik diusahakan keamanannya. Semua akses atau konten yang tidak sesuai dengan kebutuhan pelajar ditutup atau diblok,” kata Kadis Pendidikan Kota Palemabang, Ahmad Zulinto, Jumat (16/10/2020).

Selain mengamankan konten yang tidak sesuai dengan usia pelajar, jaringan internet gratis milik Disdik juga tidak bisa digunakan guna permainan online.

“Disdik juga terdapat akun pemantau, karena jaringan yang digunakan bisa terlacak sistem. Hanya akun Youtube dan Google yang tidak, sedangkan akun yang tidak pantas ditutup,” terang ia.

Bagi pelajar yang ingin menikmati internet gratis di rumah, maka pelajar akan mendapatkan link guna login dengan menggunakan user name nama pelajar dan password dengan menggunakan nomor induk siswa. Para guru juga bisa memanfaatkannya dengan menggunakan Nomor Induk Pegawai (NIP).

“Dari data akun saja, kita sudah bisa melacak upaya penyelanggunaannya,” ungkap Zulinto.

Uni Cahya Utami, orang tua murid di wilayah Sako mempertanyakan realisasi program internet yang dibuat Disdik Palembang.

Menurut ia, semakin cepat realisasi program internet gratis akan semakin membantu orang tua dalam menghemat pengeluaran bagi pendidikan anak-anak.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait