alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ikan Belida Jadi Maskot Festival Olahraga Rekreasi, Pesan Melestarikan Satwa

Tasmalinda Jum'at, 10 September 2021 | 19:54 WIB

Ikan Belida Jadi Maskot Festival Olahraga Rekreasi, Pesan Melestarikan Satwa
Ikan Belida Jadi Maskot Festival Olahraga Rekreasi, Sampaikan Pesan Pelestarian Satwa

Ikan Belida ditetapkan sebagai ikon Festival Olahraga Kreasi Nasional atau Fornas ke VII di Sumatera Selatan.

SuaraSumsel.id - Sebagai tuan rumah penyelenggaraan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) ke VI, Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan memilih Chitala atau dikenal dengan ikan belida sebagai maskotnya.

Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru mengatakan, Chitala (Chitala hyposelonotus) merupakan nama latin Ikan Belida yang sengaja dipilih  menjadi maskot Fornas VI guna menyampaikan pesan pelestarian.
 

“Ikan Belida dijadikan maskot untuk menjadi pesan pelestarian, Belida itu menjadi ikan berharga Sumsel yang dilindungi,” kata dia.
 

Persiapan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) [Ist]
Persiapan Festival Olahraga Rekreasi Nasional (Fornas) [Ist]

Selain ikan belida, Chalita juga digambarkan dengan mengenakan tanjak dan sarung bermotif songket yang juga berpesan makna pelestarian kekayaan budaya.

Baca Juga: Dua Tersangka Korupsi BUMD PDPDE Sumsel Ditahan di Rutan Salemba

Selain Chitala, lanjut Deru, juga disandingkan dengan kesenian perahu Bidar dalam maskot Fornas VI Sumatera Selatan. Karena Bidar menjadi salah satu dari 56 cabang olahraga yang diperlombakan nantinya, pada Fornas yang akan dimulai Juli 2022.

“Keduanya berangkat dari ide pelestarian budaya,” tambah Deru.

Ketua Pelaksana Fornas VI Sumatera Selatan Samuel Samson mengatakan, misi besar Fornas ialah pelestarian budaya yang dibalut dengan kegiatan olahraga.

Guna mengaitkannya dengan Sumatera Selatan ada tiga objek akan ditonjolkan dalam Fornas VI itu yakni, Sungai Musi, Jembatan Ampera dan kuliner makanan Pempek. “Sungai, itu poinnya yang akan ditonjolkan dalam aspek komunikasi publik Fornas VI Sumsel,” katanya. (ANTARA)

Baca Juga: Kriminalitas Meningkat, Kapasitas Lapas di Sumsel Over 200 Persen

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait