alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

6 Tersangka Ditahan, Kejati Curiga Hibah APBD Rp 130 M Masjid Sriwijaya Tak Sesuai

Tasmalinda Kamis, 17 Juni 2021 | 11:43 WIB

6 Tersangka Ditahan, Kejati Curiga Hibah APBD Rp 130 M Masjid Sriwijaya Tak Sesuai
Mantan Sekda Pemprov Sumsel, Mukti Sulaiman ditahan Kejati Sumsel [ANTARA] 6 Tersangka Ditahan, Kejati Curiga Hibah APBD Rp 130 M Masjid Sriwijaya Tak Sesuai

Dengan penahanan dua tersangka baru yakni mantan Sekda Sumsel dan Kadinsos Muba, maka Kejati Sumsel telah menahan enam orang tersangka atas kasus korupsi masjid Sriwijaya.

SuaraSumsel.id - Usai mantan Seketaris Daerah atau Sekda Sumsel, Mukti Sulaiman sekaligus Kadinsos Muba yang sebelumnya menjabat Karo Kesra Setda Sumsel, Ahmad Nasuhi, ditahan maka Kejati telah menahan enam tersangka kasus korupsi masjid Sriwijaya.

Penyidikan atas kasus korupsi Sriwijaya yang terus bergulir ini juga telah menyita sejumlah aset para tersangka. Kasus ini bermula pengalokasi dana pembangunan Masjid Sriwijaya menggunakan dana hibah dari Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumsel tahun anggaran 2016 hingga 2017 sebesar Rp.130 miliar.

Akan tetapi dalam perjalanannya, penyidik mencium adanya kejanggalan yang terjadi. Dalam penilaian fisik bangunan masjid tersebut, penyidik menduga tidak sesuai dengan nilai kontrak.

Sementara hingga saat ini, kondisi pembangunan masjid raya Sriwijaya belum terlihat jelas bentuknya alias terbengkalai. Terlihat hanya beberapa tiang beton saja itupun sudah ditumbuhi ilalang yang menjulang di lokasi proyek dan sempat dicuri.

Baca Juga: Wilayah Zona Merah di Sumsel Bertambah, Kini Palembang dan Muaraenim Zona Merah

Sebelumnya penyidik Pidsus Kejati Sumsel telah lebih dulu menetapkan empat tersangka dalam kasus ini.

Mereka adalah Eddy Hermanto, Mantan Ketua Pembangunan Masjid Sriwijaya dan Dwi Kridayani, Kuasa KSO PT Brantas Abi Praya-PT Yodya Karya.

Adapula Syarifudin Selaku Ketua Divisi Pelaksanaan Lelang, dan Yudi Arminto Selaku KSO PT Brantas Abipraya-PT Yodya Karya.

Atas perbuatannya, keempat orang yang lebih dulu ditetapkan tersangka, terancam dijerat dengan pasal 2 ancaman pidana penjara seumur hidup atau pidana penjara paling singkat 4 tahun.

Paling lama penjara 20 tahun dengan denda paling sedikit Rp. 200 juta paling banyak Rp.1 Miliar.

Baca Juga: Saat Digiring dan Ditahan, Mantan Sekda Sumsel Masih Genggam Ponsel

Dan pasal 3 UU NO.20 Tahun 2001 pidana penjara paling singkat 1 tahun, paling lama 20 tahun dengan denda paling sedikit Rp.50 juta paling banyak Rp.1 Miliar.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait