alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

BI Sumsel Siapkan Rp 9,4 Triliun Uang Kartal Saat Ramadhan dan Lebaran

Tasmalinda Jum'at, 23 April 2021 | 17:22 WIB

BI Sumsel Siapkan Rp 9,4 Triliun Uang Kartal Saat Ramadhan dan Lebaran
Suasana gudang uang di Bank Indonesia, Jakarta, Senin (6/6). Bank Indonesia perwakilan Sumsel menyiapkan Rp 9,7 triliun uang kartal selama Ramadhan dan Lebaran

Bank Perwakilan Sumatera Selatan mempersiapkan Rp 9, 4 triliun uang kartal guna kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran.

SuaraSumsel.id - Bank Indonesia atau BI Sumatera Selatan mempersiapkan uang kartal Rp 9,4 triliun guna memenuhi kebutuhan masyarakat selama Ramadhan dan Lebaran Idul Fitri 1442 Hijriah.

Dana tersebut dipersiapkan guna penarikan secara tunai melalui kantor layanan perbankan seperti Anjungan Tunai Mandiri (ATM) di Sumatera Selatan, kepulauan Bangka Belitung, dan Bengkulu.

"Diperkirakan kebutuhan uang kartal pada periode Ramadhan dan Idul Fitri tahun ini 1442 hijriah, di Sumatera Selatan sebesar Rp 3,15 triliun, atau mengalami peningkatan 60 persen dari tahun lalu sebesar Rp 2,97 triliun. Perkiraan tersebut diperoleh dari proyeksi kebutuhan perbankan di Provinsi Sumatera Selatan, ujar Kepala Bank Indonesia Sumatera Selatan, Hari Widodo, Jumat (23/4/2021).

Seperti tahun lalu, pertimbangan resiko penyebaran virus COVID 19 sekaligus masih berstatus Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) skala mikro maka Bank Indonesia tidak menyelenggarakan layanan penukaran ritel bersama perbankan di tempat umum.

Baca Juga: Dua Mobil Mewah Milik Ketua Panitia Masjid Sriwijaya Disita Kejati Sumsel

"Namun guna memudahkan masyarakat melakukan penukaran uang pecahan kecil, Bank lndonesia bekerja sama dengan 28 bank umum melaksanakan layanan penukaran uang pecahan kecil di 169 titik lokasi kantor cabang bank umum yang ada di wtlayah Provinsi Sumatera Selatan. Penukaran dapat dilakukan pada setiap hari kerja sampai dengan tanggal 1 1 Mei 2021." terang Hari.

Bank lndonesia juga memberikan kesempatan kepada masyarakat untuk mendapatkan Uang Peringatan Kemerdekaan 75 Tahun Rl (UPK 75 Tahun Rl) melalui penukaran di Kantor Perwakilan Bank lndonesia Sumatera Selatan dan laringan kantor bank.

UPK 75 Tahun Rl dapat digunakan untuk bertransaksi dan berbagi selama periode Ramadhan dan ldulfitri 1442 H. Masyarakat dapat melakukan pemesanan UPK 75 Tahun Rl melalui aplikasi PTNTAR (https://pintar.bi.go.id), menggunakan 1 KTP dalam menukarkan maksimal sebanyak 100 (lembar) UPK 75 Tahun Rl setiap harinya.

Penukaran dapat diulang pada hari kerja berikutnya.

Selan itu, Bank lndonesia juga telah mengeluarkan kebijakan optimalisasi penggunaan non tunai yang sejalan dengan himbauan Pemerintah untuk physlcal distancing yakni dengan mendorong transaksi pembayaran secara nontunai melalui drgltal banking, uang elektronik, dan eRls (eR code tndonesianstandard).

Baca Juga: Kejati Sumsel Sita Kendaraan Tersangka Dugaan Korupsi Masjid Raya Sriwijaya

"Juga mendorong penguatan ekosistem digital. Berdasarkan data sampai dengan Maret 2021, di Sumsel telah terdapat 192.931 merchantyang menggunakan QRtS, dengan 95,86 persen nya didominasi oleh UMKM," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait