alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jadwal Imsakiyah Palembang 21 April 2021

Tasmalinda Rabu, 21 April 2021 | 04:31 WIB

Jadwal Imsakiyah Palembang 21 April 2021
Ilustrasi Salat Gaib. (Elements Envato) Jadwal Imsakiyah Palembang 22 April 2021

Jadwal imsakiyah kota Palembang dan sekitarnya, 21 April 2021.

SuaraSumsel.id - Tanggal 20 April 2021, merupakan hari kedelapan Ramadhan. Selama bulan Ramadhan, umat muslim diwajibkan untuk berpuasa. Ibadah puasa diawali dari waktu imsakiyah atau mendekati salat shubuh hingga waktu salat magrib.

Waktu imsyakiyah juga sering disebut imsak. Adapun jadwal imsakiyah kota Palembang dan sekitarnya, hari kedelapan Ramadhan atau 20 April 2021, yang  

 Imsak: 04.34 WIB
Subuh: 04.44 WIB
Zuhur: 12.03 WIB
Asar: 15.20 WIB
Magrib: 18.05 WIB
Isya: 19.14 WIB

Melansir dari NU.or.id- jaringan Suara.com, pendapat mengungkapkan berpuasa dimulai dengan terbitnya matahari bukan ditandai dengan waktu imsak.

Hal ini juga merujuk pada penjelasan Syekh Abul Hasan Ali bin Muhammad bin Habib Al-Mawardi dalam kitabnya berjudul Al-Iqna' Fil Fiqhi Asy-Syafi'i sebagai berikut:

Baca Juga: Setuju Konsep Ancol Pulau Kemaro, Herman Deru: Sumsel Ini Haus Wisata

"Waktu berpuasa adalah dari terbitnya fajar kedua sampai tenggelamnya matahari. Akan tetapi (akan lebih baik bila) orang yang berpuasa melakukan imsak (menghentikan makan dan minum) sedikit lebih awal sebelum terbitnya fajar," (Teheran: Dar Ihsan, 1420 H, hlm. 74).

Doa yang baik diucapkan pada hari kesembilan bulan Ramadhan, yakni :

"Allahuma Aini Fihi Ali Siyamihi Wa Qiyamihi Wa Jannibni Min Hafawatihi Warzuqni Fihi Dzikrika Bidawamihi Bitaufiqika Ya Hadiya al-Mudallin, Aamin.

Ya Allah, bantulah aku untuk melaksanakan puasanya (Ramadhan), dan ihadan malamnya (Ramadhan). Jauhkanlah dari kelalaian dan dosa-dosanya (Ramadhan) dan berikanlah aku zikir berupa zikir mengingat-Mu secara berkesinambungan dengan taufik-Mu, wahai pemberi petunjuk orang-orang yang sesat. Aamin.

Baca Juga: Kasus Perawat Dianiaya, PPNI Sumsel: Kasus Hukum Diteruskan Meski Memaafkan

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait