alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

KLB Partai Demokrat di Deli Serdang Legal, SBY Juga Pernah Gelar KLB

Tasmalinda Jum'at, 05 Maret 2021 | 11:52 WIB

KLB Partai Demokrat di Deli Serdang Legal, SBY Juga Pernah Gelar KLB
SBY (instagram/@aniyudhoyono) SBY disebut juga pernah gelar KLB Partai Demokrat.

KLB Partai Demokrat yang berlangsung di Deli Serdang dinilai legal, karena hal tersebut diatur dalam peraturan organisasi AD/ART.

SuaraSumsel.id - Kongres Luar Biasa (KLB) Partai Demokrat yang berlangsung di Deli Serdang, Sumatera Utara dinilai legal. Hal ini, karena KLB Demokrat sebagai mekanisme organisasi yang diatur pada AD/ART.

Penekanan ini disampaikan pentolan Partai Demokrat asal Sumatera Selatan, Syofwatillah Mohzaib saat dihubungi Suarasumsel.id, Kamis (4/3/2021).

Menurut ia, pelaksanaan KLB diatur dalam peraturan organisasi partai. Pengajuan KLB Partai Demokrat disampaikan oleh para pengurus partai di tingkat daerah.

"Karena diatur dalam peraturan organisasi, maka itu bisa dilaksanakan. Itu halal toyiban," ujarnya.

Baca Juga: Loyalis AHY Merapat ke Bandara Kualanamu, Marzuki Alie Mulai Dilabrak

Dia malah mengatakan pelaksanaan KLB Partai Demokrat kali ini ialah yang kedua kalinya terjadi di tubuh partai. Sebelumnya, KLB Partai Demokrat dilakukan oleh Sosilo Bambang Yudhoyono atau SBY pada kepengurusan sebelumnya.

Sehingga, KLB bukan hal baru bagi partai politik seperti Partai Demokrat.

"KLB ini yang ke dua, sebelumnya Pak SBY juga pernah KLB," ucap Syofwatillah.

SBY yang merupakan mantan ketua umum Partai Demokrat, juga pernah menggelar KLB pada kepengurusan Anas Urbaningrum. "Itu KLB juga kan," tegas ia.

Syofwatillah yang juga mengalami pemecatan partai bersama Marzuki Alie menegaskan jika pelaksanaan KLB, merupakan hal yang berbeda dengan keputusan tersebut.

Baca Juga: KLB Partai Demokrat di Deli Serdang, Syofwatillah: Itu Halal Tayiban

Terkait pemecatan, pihaknya pun sudah menempuh jalur hukum dan KLB dilakukan atas desakan pengurus Partai Demokrat di tingkat daerah.

"Para pengurus partai yang usulkan, para pendiri dan senior berusaha memfasilitasi. KLB kali ini legal," tegas ia.

Mengenai pemecatan, mantan anggota DPR RI ini mengungkapkan jika tidak mendapatkan konfirmasi atas keputusan partai tersebut. Menurut ia, dengan mekanisme tersebut maka proses pemecatan yang tidak sesuai dengan peraturan organisasi.

"Karena itu, kami pun sudah menempuh jalur atas itu (pemecatan)," tegasnya.

Syofwatillah Mohzaib [Twitter]
Syofwatillah Mohzaib [Twitter]

Dilansir dari Suarasumut.id - jaringan Suara.com, Kongres Luar Biasa (KLB) yang digelar di Hotel The Hill Sibolangit, Kabupaten Deli Serdang, Sumatera Utara, berpotensi ricuh.

Kader Partai Demokrat Sumut tidak terima dengan adanya KLB dan berencana mendatangi lokasi acara dan meminta untuk dibubarkan.

"DPD Partai Demokrat Sumatera Utara menggelar apel siaga bersama DPC kabupaten/kota se-Sumut. Nantinya sama-sama semangat membatalkan KLB ilegal di sana," kata Ketua DPD Partai Demokrat Sumut Herri Zulkarnain, Jumat (5/3/2021).

DPD Sumatera Utara akan mendatangi lokasi KLB dan akan membubarkan kegiatan acara tersebut.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait