facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tugu Soekarno di Taman Pancasila Ogan Ilir

Tasmalinda Minggu, 07 Februari 2021 | 16:46 WIB

Tugu Soekarno di Taman Pancasila Ogan Ilir
Monumen Pancasila di Ogan Ilir [Dok Pemprov Sumsel] terdapat tugu Soekarno.

Landmark taman Pancasila di Ogan Ilir, Sumatera Selatan dibangun patung Presiden pertama Indonesia, Soekarno.

SuaraSumsel.id - Taman Pancasila di Ogan Ilir baru diresmikan, Pada pekan lalu, Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru meresmikannya sebagai taman terbuka bagi masyarakat Ogan Ilir.

Ia pun berharap agar Taman Pancasila, yang menjadi bagian dari terminal 32 Ogan Ilir dimultifungsikan sebagai area peristirahatan pelintas atau rest area.

Taman dengan luas 1,7 hektar ini dinamakan taman Pancasila. Taman dengan bangunan patung Soekarno ini nampak lumayan megah.

Patung Presiden Soekarno tampak tengah membaca buku namun diartikan sebagai lembar butir-butir Pancasila.

Baca Juga: Isu Kudeta AHY, DPD Sumsel Sepakat Teken Dukungan Bermaterai

Nama Taman Pancasila juga diharapkan mampu menjadi upaya menanam nilai-nilai Pancasila kepada masyarakat yang menjadi nilai fundamental bagi bangsa Indonesia.

Taman Pancasila ini terdiri dari sembilan area zona, yakni zona monumen, air mancur, lapangan basket, taman bunga, lokasi berkreasi, permainan, olahraga, plaza makanan dan rekreasi bersama.

Taman ini diharapkan dapat menjadi landmark baru bagi kabupaten Ogan Ilir yang memang menjadi pintu masuk ke kota Palembang, ibukota Provinsi Sumatera selatan.

Kabupaten Ogan Ilir ialah perlintasan jalan lintas baik yang mengarah pada jalan lintas timur (Jalintim) atau jalan lintas tengah (Jaliteng).

"Semoga taman tetap dijaga, nantinya terminal km 32 juga akan diperbaiki agar makin memperindah icon tersebut," terang ia.

Baca Juga: Walhi Sumsel Kritik Restorasi Gambut: Restorasi Konsesi Harus Transparan

Di Sumatera Selatan sendiri, patung Soekarno baru berada di kabupaten Ogan Ilir.

"Di Anggaran perubahan ini diperbaiki, paling tidak menjadi penunjang. Fungsi terminal tetap tetapi difungsikan juga menjadi rest area bagi pengguna jalan. Mushola, toilet diperbaiki, dan juga ada tempat kuliner melengkapi ini. Saya minta segera tindaklanjuti ini," ungkap Herman Deru.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait