alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

9 Rempah Ini Bisa Ditambah Saat Seduh Kopi Sumsel, Silakan Dicoba!

Tasmalinda Senin, 26 Oktober 2020 | 08:23 WIB

9 Rempah Ini Bisa Ditambah Saat Seduh Kopi Sumsel, Silakan Dicoba!
Kopi rempah sumsel (Tasmalinda/suara.com)

Kopi Sumatera Selatan bisa ditambah berbagai jenis rempah, sehingga disebut kopi rempah.

SuaraSumsel.id - Kopi Sumatera Selatan identik dengan kopi dengan aroma yang khas. Sebagian menyebutnya beraroma buah dan kacang.

Sebagian besar kopi Sumatera Selatan bervarian robusta. Kopi jenis ini ternyata cocok dicampur beragam jenis rempah guna menambah varian rasa.

Kopi rempah juga dipercaya sebagai kopi yang menambah stamina tubuh. Baik diminum saat situasi pandemi juga meningkatkan imunitas terhadap serangan virus.

Sembilan rempah yang cocok dicampur dengan kopi rempah Sumatera Selatan: kayu manis, sereh, pala, jahe, kapulaga, cengkeh, pekal, ades, dan kembang bawang.

Berikut beberapa ulasan empat rempah tersebut:

Kayu Manis

Kayu manis atau Cinnamomum Verum ialah jenis rempah yang sangat beraroma, manis dan pedas. Berbagai sumber menyebutkannya sebagai keluarga kamfer-kamferan (Lauraceae) yang banyak dipergunakan untuk kuliner.

Rempah ini berasal dari kulit pohon kayu manis yang dikeringkan. Dijual dalam bentuk gulungan atau sudah halus menjadi bubuk.

Di dalam negeri, harganya berkisar Rp70.000/kg dan akan semakin mahal jika diekspor ke luar negeri.

Kayu manis termasuk salah satu bumbu masakan yang tertua dipergunakan oleh manusia. Setidaknya, bumbu ini telah digunakan pada peradaban Mesir kuno sekitar 5000 tahun yang lalu dan sempat disinggung dalam beberapa Al Kitab.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait