Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ingin Kuliah Gratis? Universitas Muhammadiyah Palembang Terima Kuota KIP

Tasmalinda Rabu, 30 September 2020 | 10:36 WIB

Ingin Kuliah Gratis? Universitas Muhammadiyah Palembang Terima Kuota KIP
Ilustrasi mahasiswa.

Universitas UMP memberikan kesempatan bagi calon mahasiswa menerima beasiswa KIP.

SuaraSumsel.id - Keinginan untuk berkuliah tidak boleh pupus hanya karena situasi ekonomi atau pandemi virus corona atau covid 19 saat ini.

Berbagai altenatif dan metode bisa dipilih guna meneruskan cita-cita dan memperoleh kehidupan yang lebih baik.

Situasi pandemi bukanlah halangan bagi para pelajar atau calon mahasiswa untuk tidak meneruskan jenjang pendidikannya.

Universitas Muhammadiyah Palembang (UMP) membuka kesempatan memperoleh beasiswa kuliah gratis pada jenjang strata pertama (S1) sekaligus mendapatkan dana operasional Rp700.000/bulan.

Wakil Rektor III UMP Palembang, Dr. Ir. Mukhtarudin Muchsiri, MP,  menjelaskan jika pihaknya mendapatkan kuota dalam program Kartu Indonesia Pintar (KIP) kuliah. Program yang sebelumnya bernama Bidik Misi ini akan dibuka di Fakultas Keguruan dan Fakultas Pertanian UMP.

“Ini sudah gelombang kedua kami selenggarakan. Kuotanya masih cukup banyak. Dari 187 kuota yang diberikan baru terisi sekitar 60 kuota calon penerima,” ujarnya kepada Suara.com, Rabu (30/9/2020).

Program KIP yang juga menyentuh universitas swasta ini telah membuka kesempatan bagi calon mahasiswa atau pelajar yang mengalami kesulitan ekonomi. Apalagi kondisi pandemi saat ini yang berdampak pada ekonomi masyarakat secara luas.

“Kesempatan ini jangan sampai tidak dimanfaatkan. Karena mahasiswa diberi kesemapatan kuliah gratis sekaligus uang perbulan,” terang ia.

Ilustrasi uang (shutterstock)
Ilustrasi uang (shutterstock)

Adapun syarat mengenai calon penerima di antaranya siswa SMA atau sederajat yang sudah lulus, memiliki potensi akademik yang baik namun mengalami keterbatasan ekonomi (didukung dengan dokumen yang sah), lulus seleksi penerimaan mahasiswa baru di perguruan tinggi pada prodi yang ditunjuk oleh pihak universitas.

Penerima beasiswa KIP akan mendapatkan pembebasan seleksi masuk perguruan tinggi, bebas biaya kuliah, sekaligus mendapatkan biaya hidup sebesar Rp700.000/bulan selama masa kuliah.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait