9 Aktivitas Wisata Gratis yang Bisa Dilakukan di Melbourne untuk Liburan Budget

Banyak aktivitas wisata gratis di Melbourne yang bisa Anda lakukan.

Fabiola Febrinastri | Iman Firmansyah
Senin, 16 Januari 2023 | 14:12 WIB
9 Aktivitas Wisata Gratis yang Bisa Dilakukan di Melbourne untuk Liburan Budget
Hunian di Melbourne. (Dok. Crown Group)

SuaraSumsel.id - Liburan ke luar negeri tak harus mahal, lho! Bahkan jika Anda berencana untuk jalan-jalan ke Australia, ada banyak hal-hal gratis yang asyik dan seru untuk dilakukan. Salah satu destinasi yang bisa dituju untuk liburan budget Anda adalah Melbourne, Australia. Bayangkan, ada banyak aktivitas dan tren wisata gratis di Melbourne yang bisa Anda lakukan setiap saat. Mulai dari mencicipi wine, hingga melakukan city tour, Anda bisa dan tidak perlu mengeluarkan dana untuk melakukan semua itu.

Melbourne sendiri tidaklah sulit dijangkau. Anda bisa menggunakan maskapai Garuda Indonesia untuk penerbangan nonstop selama kurang lebih enam jam 30 menit. Tiket bisa langsung dibeli di Traveloka. Setibanya di Melbourne, Anda bisa langsung melakukan penjelajahan. Yuk, simak rekomendasi wisata gratis di Melbourne untuk liburan budget Anda.

1. Jalan-jalan di Queen Vic Market dan mencicipi berbagai sampel makanan

Salah satu aktivitas wisata gratis di Melbourne paling keren adalah dengan menghabiskan waktu di Queen Vic Market. Banyak item barang dan buah yang dijajakan di sini, dan jika beruntung Anda bisa mencicipi sejumlah sampel produk yang banyak ditawarkan. Rekomendasi kami, berikan perhatian khusus untuk bagian keju karena sering membagikan sampel keju gratis.

Baca Juga:Menikmati Akhir Pekan dengan Jakarta City Tour Bus

2. Mengambil segenap pengetahuan di State Library of Victoria

Tidak hanya menawarkan koleksi buku terlengkap, ada banyak spot menarik yang rugi untuk tidak dikunjungi di State Library of Victoria. Dome Reading Room yang begitu megah dan instagenik adalah salah satunya. Satu lagi spot bersejarah yang wajib masuk dalam itinerary, yaitu Ian Potte Queen's Hall, yang kembali dibuka pada 2019 setelahs sempat ditutup selama nyaris 15 tahun.

3. Menikmati keseruan di Fed Square

Warga lokal Melbourne menjadikan Fed Square sebagai lokasi untuk bersantai dan melepas penat. Bukan hanya karena lokasinya yang cozy, ada banyak pertunjukan dan atraksi menarik yang dipertontonkan seniman lokal. Selain itu ada banyak juga even lokal yang bisa diikuti, seperti kelas tai chi hingga nobar film di layar raksasa.

4. Menyatu dengan alam di Royal Botanic Gardens

Baca Juga:Jadi Tempat Wisata, Tiko Ungkap Ruangan Khusus untuk Ibu Eny Tidak Boleh Dimasuki Orang Lain

Royal Botanic Gardens berada di pusat kota Melbourne, yang mudah diakses dari berbagai penjuru. Di sini, Anda bisa sekadar bersantai dan berpiknik, atau melakukan kegiatan olahraga di alam terbuka dan jalan-jalan menghirup udara segar di taman yang begitu sejuk dan teduh. Ornamental Lake wajib masuk dalam daftar kunjungan Anda kala mengunjungi Royal Botanic Gardens karena di sinilah landmark taman tersebut.

5. Menguji kekuatan kaki di Kokoda Track Memorial Walk

Seberapa tangguh kaki Anda kala meniti 1000 anak tangga di Kokoda Track Memorial Walk? Jumlah anak tangga di sini sejatinya tidak sampai 1000, tepatnya 770 anak tangga. Namun, usaha yang dilakukan untuk bisa sampai ke anak tangga terakhir dijamin akan sama beratnya. Bonusnya, sesampainya di puncak, Anda akan disuguhi pemandangan yang istimewa dengan lokasi bersantai yang nyaman.

6. Menyaksikan penguin di St Kilda Beach

Ya, ada penguin di Australia, tepatnya di Melbourne. Bukan di kebun binatang, melainkan di habitat aslinya, yaitu di St Kilda Beach. Penguin tersebut akan berada di kawasan pantai ini selama setahun penuh, namun akan lebih baik jika Anda datang di musim panas. Catatan penting bila berkunjung ke sini, jangan memanjat dinding dan bebatuan di pantai ini karena disitulah para penguin bertelur. Selain itu, jangan juga menggunakan flash kala mengambil gambar dengan kamera Anda. Memberi makan dan berinteraksi langsung dengan penguin ini juga menjadi aktivitas yang dilarang!

7. Menjelajah kota menggunakan tram

Ada zona free tram di Melbourne dan Anda bisa memaksimalkannya untuk berkeliling kota. Zona ini dimulai dari Queen Vic Market di utara, Spring Street dan Parliament House di timur, Flinders Street di selatan dan Dockland serta Victoria Harbour di barat. Dengan zona free tram yang sangat luas, wisatawan diharapkan bisa menjelajah kota dengan mudah dan menikmati keseruan Melbourne.

8. Mengagumi kotak Brighton beach

Salah satu landmark yang begitu ikonik di Melbourne adalah rumah penuh warna di Brighton Beach. Rumah untuk mandi, yaang jumlah totalnya mencapai 82 rumah tersebut, memang menghadirkan pemandangan yang Instagenik. Brighton Beach juga menjadi lokasi yang asyik untuk bersantai dan berselancar. Akses ke pantai ini juga mudah.

9. Mengunjungi Koorie Heritage Trust

Berada di kawasan fed Square, Koorie Heritage Trust menawarkan pesona karya seni dari penduduk asli Melbourne dan Australia pada umumnya. Nuansa budaya dan kesenian lokal begitu terasa karena tujuan awalnya memang untuk menampilkan kebudayaan lokal.

Banyak aktivitas wisata gratis di Melbourne yang bisa Anda lakukan, bukan? Tunggu apa lagi, agendakan liburan Anda bersama keluarga ke Melbourne sekarang juga!

Lifestyle

Terkini

Netizen emosi, kesal dan mempertanyakan sertifikasi perawat yang menangani bayi yang baru berusia 8 bulan tersebut.

News | 15:51 WIB

Sebanyak 600 mantan karyawan PT Pusri yang berstatus pensiunan melaporkan uang yang dipotong Rp15.000 perbulan.

News | 11:33 WIB

Mantan pelatih Sriwijaya FC, Suimin Diharja tutup usia, beliau dikenal tegas sekaligus pernah selamatkan klub dari degradasi tahun

News | 11:06 WIB

Pihak keluarga menceritakan sesalnya kepada perawat yang sudah dingatkan tidak perlu pakai gunting.

News | 22:21 WIB

Jari kelingking bayi di Palembang terpotong saat perawat mengganti tali infus.

News | 21:27 WIB

Mahasiswa Unbara mengalami luka tembak di bagian pantat karena tertembak orang tidak dikenal (OTD).

News | 20:43 WIB

Perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro membludak meski masih pandemi Covid-19.

News | 13:29 WIB

Gunung kerinci di perbatasan Jambi dan Sumbar kembali erupsi pagi ini.

News | 12:18 WIB

Pengelaman tidak mengenakkan dialami pengunjung yang ikut meramaikan perayaan Cap Go Meh di Pulau Kemaro.

News | 10:31 WIB

"Kapal terbakar, tapi penumpang seluruhnya selamat. 19 penumpang berhasil dievakuasi,"

News | 12:12 WIB

Kehidupan harmoni antara manusia dan gajah Sumatera di lanskap Padang Sugihan Sumsel dilakukan digital dengan komik strip di instagram.

News | 11:42 WIB

Mantan dirut BUMD Swarna Dwipa Augie Yahya dituntut 8 tahun penjara bersama dengan tersangka lainnya Ahmad Tohir.

News | 10:59 WIB

Korban arisan online tidak hanya berasal dari Kota Palembang tetapi juga ada yang dari luar Palembang.

News | 08:53 WIB

Anggota DPRD Sumsel dilaporkan atas dugaan gelapkan uang ratusan juta, dengan modus seleksi tenaga honorer.

News | 12:21 WIB

Jalan Sudirman Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel) macet parah pada pagi ini.

News | 10:59 WIB
Tampilkan lebih banyak