facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Kota Palembang

Tasmalinda Rabu, 16 Februari 2022 | 06:05 WIB

Kota Palembang
Jembatan Ampera, di Kota Palembang. [Fitria/Suara.com]

Kota Palembang ialah ibu kota dari Provinsi Sumatera Selatan atau Sumsel.

SuaraSumsel.id - Mendengar kata Palembang, telah banyak orang yang mengenalnya sebagai nama kota besar. Sebuah kota besar di Pulau Sumatera yang menjadi ibu kota provinsi Sumatera Selatan atau Sumsel.

Kota Palembang menjadi kota terbesar di Pulau Sumatera setelah kota Medan. Melansir dari berbagai sumber, kota Palembang memiliki luas sekitar 400,61 km persegi.

Kota Palembang juga termasuk kota yang terpadat di Pulau Sumatera setelah Medan. Selain itu dengan status kota Metropolitan, Palembang juga menjadi kota terpadat setelah DKI Jakarta, Surabaya, Medan dan kota-kota besar lainnya di Asia Tenggara.

Kota Palembang terletak antara 101-105 bujur Timur dan 1,5-2 derajat lintang Selatan, yang berbatasan dengan Kabupaten Ogan Komering Ilir, sedang di bagian Barat, Utara dan Timur berbatas dengan Kabupaten Banyuasin.

Baca Juga: Pelaku Bisnis Pelayaran di Sumsel Keluhkan Kelangkaan Kontainer

Berada pada ketinggian rata-rata 12 meter dari permukaan laut, pasang surut mempengaruhi kota ini, terutama wilayah yang berada di kawasan pinggiran.

Palembang juga pernah menjadi pusat wilayah kerajaan Buddha terbesar di Asia Tenggara, yakni kerajaan Sriwijaya. Hingga sempat berjulukan sebagai "Bumi Sriwijaya".

Berdasarkan prasasti Kedukan Bukit yang ditemukan di Bukit Siguntang sebelah barat Kota Palembang dengan tanggal 16 Juni 683 Masehi.

Julukan lain untuk kota Palembang, yakni Vanesia dari Timur,  Venice of the East ("Venesia dari Timur").

Berdasarkan prasasti pada kerajaan Sriwijaya, prasasti Kedudukan Bukit diketahui wilayah Palembang berangka tahun 16 Juni 682. Pada saat itu, oleh penguasa Sriwijaya didirikan Wanua di daerah yang sekarang dikenal sebagai kota Palembang.

Baca Juga: Kabur dari Penjara, Joko Jalan Kaki dari Jambi ke Sumsel Selama 3 Bulan

Menurut topografinya, kota ini dikelilingi oleh air, bahkan terendam oleh air. Bahkan saat ini kota Palembang masih terdapat 52,24 % tanah yang yang tergenang oleh air (data Statistik 1990).

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait