facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sederet Makanan Ini Bawa Keberkahan Saat Tahun Baru Imlek, Penuh Filosofi

Tasmalinda Sabtu, 29 Januari 2022 | 06:25 WIB

Sederet Makanan Ini Bawa Keberkahan Saat Tahun Baru Imlek, Penuh Filosofi
Kue keranjang khas Imlek . Sederet Makanan Ini Bawa Keberkahan Saat Tahun Baru Imlek, Penuh Filosofi [SuaraJatim/Dimas Angga]

Berbagai hidangan Tahun Baru Imlek dinilai bawa keberkahan dan keberuntungan.

SuaraSumsel.id - Perayaan imlek memang tidak lengkap tanpa hidangan nan lezat. Bukan hanya lezat, namun sederet makanan ini penuh filosofi di antaranya membawa keberkahan dan keberuntungan saat tahuh baru imlek.

Proses penyiapannya pun sebagai peristiwa yang kaya simbolisme, membawa kekayaan, kebahagiaan, keberuntungan, sekaligus kemakmuran.

Saat perayaan, hidangan yang tersaji antara lain masakan ayam rumahan, kaki babi rebus, daging cincang dan sayuran dalam balutan daun selada, bebek asap teh, babi panggang dan sagu mutiara dengan melon.

"Unggas harus dipotong, teripang, rebung, dan masih banyak lagi bahan-bahannya, harus dibersihkan, direbus, dan direbus kembali – prosesnya bisa memakan waktu beberapa hari," ungkap penulis S.C. Moey dalam "Chinese Feasts & Festivals – A Cookbook" (2006), seperti dikutip dari South China Morning Post.

Baca Juga: Setahun, Produksi Batu Bara Sumsel Naik Satu Juta Ton

Selain itu, ada beberapa hidangan simbolis yang punya simbol menghiasi meja makan selama perayaan yang bawa kekayaan, keberuntungan atau kebersamaan keluarga, seperti bakmi.

Melansir ANTARA, meskipun mi termasuk makanan pokok masyarakat China namun, selama tahun baru dan perayaan lain seperti ulang tahun, bakmi umur panjang, meski ada di meja makan.

Bakmi ini dibiarkan tanpa dipotong agar dihirup sekaligus.

ikan kukus utuh yang melambangkan kekayaan dan kemakmuran di tahun baru yang akan dijalani.

Aturan saat makan ikan agar membawa keberuntungan di tahun mendatang yakni ikan selalu disajikan dengan kepala dan ekor utuh dan kepala harus diletakkan menghadap orang yang lebih tua atau tamu terhormat saat dihidangkan di meja makan.

Baca Juga: Kasus Korupsi Kabupaten Muba, KPK Kembali Periksa Istri Eks Gubernur Sumsel Alex Noerdin

Pangsit juga menjadi salah satu hidangan yang tak bisa dilepaskan dari Tahun Baru Imlek yang melambangkan kekayaan dan kebersamaan. Pangsit berbentuk seperti batangan emas Tiongkok kuno, sehingga dikatakan semakin banyak kue yang Anda makan, semakin banyak kekayaan yang akan Anda miliki di tahun baru.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait