facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Sumsel Gandeng PT Buyung Poetra Sembada Beli Beras Petani, Dukung Food Estate

Tasmalinda Minggu, 23 Januari 2022 | 12:38 WIB

Sumsel Gandeng PT Buyung Poetra Sembada Beli Beras Petani, Dukung Food Estate
Ilustrasi Sumsel gandeng PT Buyung Poetra Sembada beli beras petani, dukung Food Estate [Dok : Kementan]

Sumatera Selatan menggandeng distributor besar skala besar guna membeli panen hasil petani. Kegiatan ini guna mendukung program Food Estate, di kabupaten OKU Timur.

SuaraSumsel.id - Pemerintah Sumatera Selatan menggandeng distributor beras membeli hasil panen petani yang mengikuti program food estate di Ogan Komering Ulu (OKU) Timur.

Kadis Pertanian Tanaman Pangan dan Hortikultura  R. Bambang Pramono mengatakan PT Buyung Poetra Sembada bersedia menjadi pembeli hasil panen petani OKU Timur.

“Dalam waktu dekat akan ada pertemuan untuk menentukan harga dengan offtaker (PT Buyung Poetra Sembada), termasuk akan membicarakan mengenai proses dan teknisnya,” kata Bambang.

PT Buyung Poetra Sembada ialah perusahaan yang bergerak memproduksi dan grosir produk beras dengan dua merek dagang terkenal yakni HOKI dan Topi Koki.

Baca Juga: Prakiraan Cuaca 23 Januari 2022, 10 Kabupaten di Sumsel Ini Bakal Hujan

Program Food Estate ini mengawal kegiatan petani dari hulu hingga ke hilir yakni mulai dari penanaman hingga pasca panen. Pemerintah juga menghubungkan antara petani dengan pembeli.

Keberhasilan program Food Estate di Kabupaten OKU Timur ini membuat Sumsel semakin percaya diri untuk mencapai target peringkat tiga untuk produksi gabah secara nasional.

Tahun ini terjadi penurunan produksi karena dipengaruhi La Nina dari 2,7 juta ton Gabah Kering Giling (GKG) menjadi 2,6 juta ton GKG, tapi Sumsel optimistis nantinya bisa masuk tiga besar nasional.

Ia melanjutkan, saat ini produktivitas lahan petani sudah meningkat dari 5 ton GKG per hektare menjadi 5,2 ton GKG per hektare.

Sumsel masih berada pada urutan kelima untuk produksi gabah secara nasional yakni 2,6 juta ton GKG, atau masih di bawah Sulawesi Selatan, Jawa Barat, Jawa Tengah, dan Jawa Timur.

Baca Juga: Kesaksian Kadis PUPR Soal Fee Rp 2 Miliar Polda Sumsel, AKBP Dalizon Ditahan

“Tahun 2022 ini, Sumsel menargetkan bisa mencapai 2,9 juta ton GKG karena ditunjang salah satunya keberhasilan program Food Estate di sejumlah daerah, termasuk OKU Timur,” katanya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait