alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

5 Cara agar Anak Tertarik Belajar Ilmu Pengetahuan

Wakos Reza Gautama Sabtu, 04 Desember 2021 | 14:19 WIB

5 Cara agar Anak Tertarik Belajar Ilmu Pengetahuan
Ilustrasi Belajar. Lima cara agar anak tertarik belajar ilmu pengetahuan. [pexels.com]

Berikut lima cara mudah dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan agar anak tertarik pada bidang ilmu pengetahuan.

SuaraSumsel.id - Ilmu pengetahuan memberikan banyak dampak positif bagi perkembangan anak. Dengan ilmu pengetahuan, dapt membentuk keterampilan berpikir kritis bagi anak. 

Berikut lima cara mudah dan menyenangkan yang bisa Anda lakukan agar anak tertarik pada bidang ilmu pengetahuan.

Cara ini disebut mudah, karena pada dasarnya ilmu pengetahuan ada di sekitar kita, baik di dalam rumah, di alam sekitar, bahkan di dalam tubuh kita.

1. Eksplorasi pertanyaan dan jawaban

Baca Juga: Buat Orangtua, Ini Cara Ajak Anak Masuki Dunia Ilmu pengetahuan

Mengeksplorasi pertanyaan-pertanyaan yang diajukan oleh anak Anda dan cari jawabannya bersama-sama. Saat muncul pertanyaan dari anak Anda, itulah waktu terbaik untuk belajar.

Ketika si kecil bertanya, luangkan waktu untuk menjelaskan kepada anak Anda. Jika Anda tidak yakin dengan jawabannya, jadikan ini sebagai kesempatan untuk belajar lagi.

Cari jawaban bersama dengan anak Anda dengan mengunjungi perpustakaan atau membaca artikel online.

Namun, di era internet ini, di mana informasi tersedia secara bebas, sangat penting untuk memilah-milah informasi. Pastikan untuk selalu merujuk ke sumber yang terpercaya dan gunakan alat untuk memeriksa fakta secara online seperti Google’s Fact Check Tools dan FactCheck.org untuk memastikan bahwa Anda tidak membaca berita palsu.

Secara bergantian, orang tua juga dapat memberikan pertanyaan untuk mendorong anak-anak untuk belajar dan mengeksplorasi.
Sebuah studi pada tahun 2019 tentang permainan anak berusia 4-6 tahun di sebuah pameran yang melibatkan roda gigi (gears) menemukan bahwa jenis pertanyaan yang diajukan oleh orang tua juga mempengaruhi perilaku anak-anak mereka.

Baca Juga: Ayah Diduga Cabuli Anak Kandung di Agam Ditangkap

Orang tua yang mendorong anak-anak mereka untuk menjelaskan mekanisme menghasilkan diskusi yang lebih besar tentang mekanisme dari sebuah roda gigi. Sementara itu, dorongan untuk mengeksplorasi menyebabkan lebih banyak waktu menghubungkan roda gigi.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait