alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Donasi Rp 2 Triliun Ialah Janji Akidi Tio pada Thong Ju, Tionghoa Kaya Era Soekarno

Tasmalinda Jum'at, 30 Juli 2021 | 10:11 WIB

Donasi Rp 2 Triliun Ialah Janji Akidi Tio pada Thong Ju, Tionghoa Kaya Era Soekarno
Akidi Tio [instagram] Donasi Rp 2 Triliun Ialah Janji Akidi Tio pada Thong Ju, Tionghoa Kaya Era Soekarno

Kisah donasi Rp 2 triliun makin terungkap, setelah Ketua MPR Bambang Soesatyo membongkar kisahnya.

SuaraSumsel.id - Kini, sosok Almarhum Akidi Tio makin diceritakan publik. Sejak menjadi penyumbang atau mendonasikan uang Rp 2 triliun bagi Provinsi Sumatera Selatan guna penanganan COVID 19, sosok Akidi Tio makin terungkap.

Donasi dalam jumlah yang fantastik tersebut, ternyata janji almarhum pada orang yang pernah menjadi tempat tinggalnya semasa hidup, namanya Thong Ju.

Diketahui Thong Ju, ialah orang kaya raya di masa Soekarno. 

Ketua MPR Bambang Soesatyo membongkar riwayat hidup sang dermawan tersebut. 

Baca Juga: Alokasi Bansos Sumsel Terindikasi Dikorupsi, Kerugian Negara Rp 1,6 Miliar

Bambang mengungkapkan, Akidi Tio dahulu, ialah hidup sebagai seorang pengusaha kecap hingga menjadi pemilik beberapa tempat peribadatan klenteng di Palembang, Sumatera Selatan.

"Pernah hidup di Palembang mulai usaha kecap, lalu punya pabrik kecap. Dia juga yang punya kelenteng di 10 Ulu dan beberapa tempat di Palembang dan dia yang punya Cipta Futura Sawi di Muara Enim,"tulisnya dalam keterangan di media sosialnya, Jumat (30/1/2021).

Dilanjutkan Bambang Soesatyo atau dikenal Bamsoet, Akidi Tio hidup di keluarga Tjong Ju, warga China Palembang yang kaya raya era Soekarno sedangkan pamannya Menteri Perdagangan Singapura.
 
"Akidi Tio pernah bersumpah kepada Tjong Ju, kalau dia kaya akan memberikan sumbangan rakyat Palembang dan Terbukti janjinya melalui wasiat anak cucunya,"sambung ia. 

Tak hanya itu saja, ternyata sumber kekayaan sang dermawan Akidi Tio juga berasal dari usaha tambang batu Dolmit bahan pembuat pupuk.

Bambang Soesatyo dibuat kagum karena ia juga sering menjadi penyumbang semasa hidupnya.

Baca Juga: Skema Vaksinasi Dilanjutkan, Sumsel Pakai Stok Vaksin Darurat

"Ternyata dialah penyumbang terbesar di Sumsel dan Indonesia, baik itu panti asuhan yatim, orang cacat, buta dll. Selalu pake No Name atau Hamba Allah.Ternyata dia orang kedua sedunia yang menyumbang terbanyak sesudah Bill Gates,"terang ia.
 
Menanggapi postingan tersebut Warganet juga dibuat terpanah dengan sosok Akidi Tio.
 
@linusbahang Definisi orang kaya yang sebenarnya.
 
@marusaha_07 terimakasih pahlawan
 
@Lola_moenek Alhamdulillah YaAllah. Semoga amalnya dibalas oleh Allah SWT. Untuk anak, cucu dan keluarga besar Aaminn YRA

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait