alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Rumah Makan di Kabupaten Muba, Mulai Alihkan Plastik ke Pelepah Pinang

Tasmalinda Minggu, 13 Juni 2021 | 15:57 WIB

Rumah Makan di Kabupaten Muba, Mulai Alihkan Plastik ke Pelepah Pinang
Penggunaan pelepah pinang sebagai pembungkus makanan [istimewa] Rumah Makan di Kabupaten Muba, Mulai Alihkan Plastik ke Pelepah Pinang

Penggunaan plastik makin ditekan, dengan menggantikannya menggunakan pelepah pinang.

SuaraSumsel.id - Penggunaan plastik makin ditekan di kabupaten Musi Banyuasin, Sumatera Selatan. Setidaknya, rumah makan dan restoran di kabupaten ini mulai mengalihkan penggunaan pelastika dengan mamanfaatkan pelepah pinang.

Salah satu rumah makan Skyaseafoodlover yang merupakan gerai makanan laut dan aneka pindang di Kota Sekayu tepatnya di samping Polsek telah memakai pelepah pinang sebagai wadah makanan pengganti stryofoam dan plastik.

"Yang jelas kalau pakai pelepah pinang lebih ramah lingkungan, dan harganya lebih murah dibandingkan plastik atau stryofoam," ungkap Owner RM skyseafoodlover, Ratna kepada suarasumsel.id, Minggu (13/6/2021).

Ratna mengaku penggunaan pelepah pinang akan berimbas pengeluaran kebutuhan operasional RM menjadi lebih hemat.

Baca Juga: Ingat, Ini Jadwal Pengumuman PPDB SMA Sumsel Jalur Zonasi

"Selain lebih hemat dan ekonomis, pakai pelepah pinang kita sebagai pelaku UMKM di Muba sepakat mendukung gerakan pak Bupati Dodi Reza untuk menciptakan lingkungan yang ramah lingkungan," tuturnya.

Bupati Muba Dr Dodi Reza Alex Noerdin Lic Econ MBA bersama Ketua TP PKK Muba Thia Yufada Dodi Reza mengapresiasi Ryang telah mempelopori penggunaan pelepah pinang sebagai pengganti plastik dan stryofoam.

"Saya berharap, bertahap semua rumah makan di Muba nantinya mulai memanfaatkan pelepah pinang guna kebutuhan penjualan makanan sebagai pengganti plastik dan styrofoam," ujar ia.

Produk hasil inovasi pengelolaan pelepah pinang menjadi wadah makanan pengganti styrofoam ini adalah sumbangan Muba untuk dunia serta bagian menjaga alam yang ramah lingkungan.

"Kalau bicara soal pemberdayaan masyarakat desa, nah seperti inilah caranya. Selain kita berkontribusi untuk menjaga alam, perekonomian masyarakat desa juga bisa meningkat dengan inovasi seperti ini," terangnya.

Baca Juga: Tingkatkan Okupansi, PHRI Sumsel Dorong Hotel Siapkan Paket Promo

Dodi berujar ke depan Pemkab Muba akan mendukung produk guna mengikuti rangkaian uji klinis hingga pengembangan produk lainnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait