Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Begini Cara Mempersiapkan dan Menghitung Dana Pendidikan Untuk Anak

Risna Halidi | Dini Afrianti Efendi Minggu, 27 September 2020 | 19:14 WIB

Begini Cara Mempersiapkan dan Menghitung Dana Pendidikan Untuk Anak

Banyak orangtua yang belum paham dan tahu bagaimana mempersiapkan dana pendidikan untuk anak di kemudian hari.

SuaraSumsel.id - Di lingkup keluarga, ibu dipercaya memiliki peran laiknya bendahara. Ibu dianggap mampu mengatur pemasukan dan pengeluaran agar semua kebutuhan keluarga terpenuhi termasuk biaya pendidikan anak.

Tapi tidak sedikit juga ibu -- bahkan orangtua -- yang belum paham dan tahu bagaimana mempersiapkan dana pendidikan untuk anak di kemudian hari.

Financial Trainer QM Financial, Fransisca Emi mengatakan meski anak belum masuk sekolah, idealnya orangtua harus sudah menghitung dana pendidikan untuk anak.

Konsep yang bisa diterapkan dalam menetapkan tujuan finansial pendidikan, adalah judul, jangka waktu dan nilai.

Judulnya adalah dana pendidikan uang pangkal sekolah, jangka waktu pendek, menengah, atau panjang. Sedangkan nilai bisa berupa inflasi kenaikan biaya uang pangkal.

Misalnya, untuk biaya pangkal sekolah anak yang akan masuk sekolah tiga tahun lagi.

Apabila saat ini uang pangkal di sekolah yang bakal dituju anak sebesar Rp 20 juta, maka setelah tiga tahun akan ada inflasi kenaikan uang pangkal yang harus diperhatikan orangtua.

"Inflasi dana pendidikan itu lebih tinggi dibanding dana umum. Kalau sempat survei sekolah incaran impian anak, coba dicek angka inflasinya berapa," ujar Fransisca dalam acara Squad Online, beberapa waktu lalu.

Dana itu baru untuk satu anak di satu jenjang sekolah, belum termasuk SMP, SMA, dan S1.

Maka perkiraan kenaikan dalam tiga tahun bisa delapan persen, yang artinya tiga tahun mendatang, biaya uang pangkal dari yang Rp 20 juta berubah menjadi Rp 25 juta.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait