facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

10 Pejabat Indonesia Paling Kaya, Prabowo-Sandiaga Urutan Teratas

Tasmalinda Jum'at, 10 September 2021 | 17:25 WIB

10 Pejabat Indonesia Paling Kaya, Prabowo-Sandiaga Urutan Teratas
Prabowo Subianto - Sandiaga Uno. [Foto dok. Timses Prabowo - Sandiaga]

Berikut daftar pejabat terkaya di Indonesia versi LHKPN, ada mantan pasangan Presiden dan Wakil 2019 lalu, Prabowo dan Sandiaga Uno.

SuaraSumsel.id - Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali merilis daftar pejabat terkaya di Indonesia. Diketahui pasangan Presiden dan Calon Presiden 2019, Prabowo dan Sandiaga Uno masuk menjadi pejabat dengan sumber kekayaan terbanyak.

Urutan ini berdasarkan Laporan Harta Kekayaan Penyelenggara Negara (LHKPN) KPK, akhir tahun 2020. Baik Prabowo dan Sandiaga Uno berada di urutan teratas.

Melansir Suara.com, terdapat juga nama pegawai sipil negara atau PNS, Kabag Kesra Sekda Pemkab Rokan Hulu, Riau dan seorang Kepala Sekolah di Tanggerang.

Berikut 10 orang terkaya versi LHKPN:

Baca Juga: Dua Tersangka Korupsi BUMD PDPDE Sumsel Ditahan di Rutan Salemba

1. Dato Sri Tahir

Dato Sri Tahir diketahui sebagai Bos Mayapada Group. Ia menjabat Dewan Pertimbangan Presiden. Pengusaha sekaligus ini memiliki harta Rp15 triliun dengan utang Rp6,9 triliun. 

Bos Mayapada Group Dato Sri Tahir di kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Senin (15/10/2018). (Suara.com/Achmad Fauzi)
Bos Mayapada Group Dato Sri Tahir di kompleks Bank Indonesia, Jakarta, Senin (15/10/2018). (Suara.com/Achmad Fauzi)

2. Sandiaga Uno

Sosok ini sudah sangat terkenal. Kini Sandiaga Uno menjabat Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf). Ia memiliki harta kekayaan Rp 3 triliun dengan utang Rp181 miliar. Nilai kekayaan ini, turun dratis dalam tahun 2019.

3. Sakti Wahyu Trenggono

Baca Juga: Kriminalitas Meningkat, Kapasitas Lapas di Sumsel Over 200 Persen

Pengganti Edhy Prabowo sebagai menteri Kementrian Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyu memiliki harta kekayaan Rp 2,4 triliun tanpa utang.

Wakil Menteri Pertahanan RI Sakti Wahyu Trenggono. '[Suara.com/Muhammad Yasir]
Wakil Menteri Pertahanan RI Sakti Wahyu Trenggono. '[Suara.com/Muhammad Yasir]

4. Erick Thohir

Menteri BUMN yang juga dikenal pengusaha. Ia dikenal memiliki harta kekayaan.

Dikutip dari situs elhkpn.kpk.go.id, Menteri BUMN Erick Thohir tercatat Rp 2,3 triliun

Erick tercatat mempunyai 30 bidang tanah yang tersebar di Jabodetabek senilai total Rp 242.547.000.000 dan empat unit kendaraan bermotor senilai total Rp 3.917.000.000.

Kendaraan bermotor itu termasuk tiga unit mobil Mercedes-Benz.

Mantan bos klub sepak bola Inter Milan itu juga tercatat memiliki surat berharga senilai Rp 1.699.674.350.000 dan kas senilai Rp 139.424.833.875.

Menteri BUMN Erick Thohir meninjau Apotek Kimia Farma, Menteng, Jakarta, Rabu (4/3).  [Suara.com/Angga Budhiyanto]
Menteri BUMN Erick Thohir meninjau Apotek Kimia Farma, Menteng, Jakarta, Rabu (4/3). [Suara.com/Angga Budhiyanto]

5. Prabowo Subianto

Politisi Gerindra yang kini menjabat Menteri Pertahanan juga masuk sebagai pejabat yang terkaya. Harta kekayaannya Rp 2 triliun, namun memiliki utang Rp8 miliar

6. Umzakirman

Di antara pejabat negara kelas nasional, ternyata terungkap sosok lain. Seorang PNS di Kabag Kesra Sekda Pemkab Rukan Hulu, Riau, Umzakirman  juga masuk daftar pejabat negara terkaya.

Berdasarkan data LHKPN, Umzakirman memiliki kekayaan mencapai Rp 1,8 triliun. Namun, Umzakirman membantah hal tersebut dan menduga terjadi kesalahan data.

Ilustrasi uang BSU. [Istimewa]
Ilustrasi uang BSU. [Istimewa]

7. Nurhali

Nama pejabat lainnya, PNS yang menjabat Kepala Sekolah SMK Negeri 5 Kota Tangerang, Nurhali. Ia memiliki harta kekayaan mencapai 1,6 triliun dengan utang Rp46 juta.

8. Muhamad Fajrin Rasyid

Salah satu pendiri Bukalapak yang kini menjabat Direktur Telkom masuk urutan ke delapan, ia memiliki kekayaan Rp 1,5 triliun dan tidak mempunyai utang.

9. Muhamad Mardiono

Politisi yang juga dewan pertimbangan presiden ini mempunyai harta kekayaan mencapai Rp 1,2 triliun dan hanya punya utang Rp 49 juta.

Anggota Wantimpres Muhamad Mardiono takziah ke rumah duka Habib Hasan Mulachela di Solo, Jumat (12/3/2021). [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]
Anggota Wantimpres Muhamad Mardiono takziah ke rumah duka Habib Hasan Mulachela di Solo, Jumat (12/3/2021). [Suara.com/Ronald Seger Prabowo]

10. Jan Hider Osland

Nama Jan Hider Osland tidak banyak dikenal. Berdasarkan penelusuran Suara, ia adalah Wakil Camat Setiabudi, Jakarta Selatan. Dalam catatannya, ia mempunyai harta kekayaan sebesar Rp 956 miliar dengan utang Rp 100 juta.

Mirip dengan Umzakirman, juga tidak membenarkan hal ini. Kerena menurutnya data itu karena terjadi kesalahan mengimput data. Harta kekayaannya hanya Rp 956 juta.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait