facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Jelang HUT Kemerdekaan Megawati Mundur Jadi Ketum PDIP? Ini Faktanya

Tasmalinda Selasa, 17 Agustus 2021 | 13:24 WIB

Jelang HUT Kemerdekaan Megawati Mundur Jadi Ketum PDIP? Ini Faktanya
Ketua Umum PDIP Megawati Soekarnoputri menutup Rakernas PDIP di JIExpo Kemayoran, Jakarta pada Minggu (12/1/2020) malam. [Suara.com/Stephanus Aranditio]

Megawati dinarasikan mundur dari PDIP, bersamaan menjelang HUT Proklamasi RI.

SuaraSumsel.id - Beredar sebuah video di media sosial Facebook dengan judul Ketua Umum PDIP, Megawati Soekarno Putri, mundur dari jabatan sebagai Ketua Umum (Ketum).

Padahal menjelang perayaan HUT Kemerdekaan. Saat diperiksa kembali pada Sabtu 14 Agustus 2021, video ini telah dilihat sebanyak 205 ribu orang, dan lebih dibagikan 100 kali.

Berikut narasi yang beredar:

Viral!!! Mundur dari PDIP! Megawati tunjuk Jokowi menjadi Ketua Umum!

Baca Juga: Sumsel Baru Miliki Dua Pahlawan Nasional, SMB II dan AK Gani

Apakah benarkah klaim tersebut?

Berdasarkan penelusuran Turnbackhoax.id -- jaringan Media Suara.com, fakta bahwa tidak ada video yang merupakan video khusus pernyataan Megawati yang menyatakan mundur dari jabatannya sebagai Ketum partai moncok putih.

Selama pemeriksaan, diketahui video tersebut disusun dari beberapa foto-foto saat Megawati di berbagai kegiatan politiknya.

Foto-foto itu berisi potret Megawati pada meresmikan 25 kantor partai baru di tingkat Dewan Pengurus Daerah (DPD) dan Dewan Pengurus Cabang (DPC) serta penandatanganan prasasti secara virtual yang dilaksanakan pada 30 Mei 2021 lalu.

Terdapat juga video dari Megawati saat memberikan pidato politik kegiatan ulang tahun PDI-Perjuangan. Dalam pidatonya, Megawati tidak menyinggung persoalan turun jabatan jadi Ketum PDIP.

Baca Juga: Rayakan HUT Kemerdekaan di Sumsel, Berikut Prakiraan Cuacanya

Melansir Suara.com, melihat alur cerita dari video ini, ternyata tidak membuktikan bahwa ada pernyataan Megawati mundur dari jabatannya sebagai Ketum PDIP.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait