alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Dua Tahun Gagal Berangkat, Nurjanah Tetap Ingin Berhaji

Tasmalinda Rabu, 16 Juni 2021 | 07:00 WIB

Dua Tahun Gagal Berangkat, Nurjanah Tetap Ingin Berhaji
Calon jemaah haji asal Palembang, Nurjanah memperlihatkan adminitrasi haji [Fitria/Suara.com]

Gagal berangkat dua tahun terakhir, tidak membuat jemaah haji asal kota Palembang, Sumatera Selatan ini berniat mengambil kembali setoran hajinya.

SuaraSumsel.id - Kebijakan Pemerintah tidak memberangkatkan haji karena situasi pandemi dua tahun terakhir, membuat calon jemaah haji asal Palembang, Sumatera Selatan ini belum dapat menunaikan rukun islam yang kelima tersebut.

Pembatalan haji tahun 1442 hijriah atau 2021 masehi ini, membuat Nurjanah (67) dua kali gagal berangkat haji.

Rasa sedih bercampur kecewa tak bisa ia redam, karena sudah dua tahun keinginannya mendatangi kota suci Mekkah urung. "Waktu itu diinfokan harusnya berangkat 27 Juli 2020 lalu,"katanya saat ditemui di kediamannya, Selasa (15/6/2021).

Sebelumnya, tersiar kabar bahwa tahun 2020 itu yang berangkat hanya sedikit dengan batasan usia 25-50 tahun. Hal itu sudah dirasa tak adil oleh Nurjanah, karena umurnya sudah mencapai 67 tahun.

Baca Juga: Terjadi Hujan Lokal, Teknologi Modifikasi Cuaca di Langit Sumsel Dinilai Berhasil

"Kami harus menerima saja kalau tahun ke ini juga terjadi hal yang sama. Pasrah dan tawakal, karena seluruh calon jamaah Indonesia dan negara lain juga mengalami,"ungkap ia.

Dia bersama sang suami hanya bisa saling menguatkan, keduanya selalu berdoa agar masih diberikan kesempatan menjalankan kewajiban umat islam tersebut. "Suami bilang ke saya, sabar yaa ma, jika Allah izinkan pasti kita akan sampai ke sana (berhaji),"sambungnya lagi dengan suara bergetar.

Pensiunan Guru SDN 159 Cambai Agung ini bercerita bahwa pada tahun 2012 silam dirinya sempat umroh, namun tidak bersama sang suami.

Melainkan menemani ibu mertua yang saat itu sudah berusia 80 tahun.

"Maka dari itu saya sangat rindu ingin sekali lagi melihat Ka'bah saya berdoa Ya Allah sampaikanlah saya berhaji dengan suami,"ucapnya lirih.

Baca Juga: Cegah Peredaran Narkoba, Polda Sumsel Bakal Bangun Kampung Tangguh

Warga Jalan Simanjuntak Gang Kaya I ini menunjukkan berkas-berkas untuk keberangkatan hajinya.  Ia juga mengaku telah menyiapkan seragam berhajinya yang membuatnya semakin tak kuasa menahan kesedihan.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait