alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tahun 2023, Bus Tenaga Listrik Beroperasi di Palembang

Tasmalinda Kamis, 10 Juni 2021 | 18:28 WIB

Tahun 2023, Bus Tenaga Listrik Beroperasi di Palembang
Bus listrik [ANTARA] Bus listrik akan beroperasi di Palembang, Sumatera Selatan.

PT Trans Musi Palembang Jaya (TMPJ) akan mengoperasikan bus bertenaga listrik di Palembang, Sumatera Selatan.

SuaraSumsel.id - Bus bertenaga listrik untuk menggantikan armada layanan teman bus berbahan bakar minyak secara bertahap mulai tahun 2023.

Direktur Utama PT TMPJ Antoni Rais mengatakan rencana tersebut atas permintaan Kementerian Perhubungan agar program Teman Bus yang dikelola PT TMPJ selaku anak perusahaan BUMD Kota Palembang dapat dialihkan ke bus listrik.

"Bus listrik jelas lebih ramah lingkungan dan tidak bising," ujarnya.

Pihaknya masih mendiskusikan berbagai hal terkait persiapan agar peralihan bus  bahan  bakar minyak ke bus listrik dapat terealisasi pada 2023, salah satunya menyiapkan metode pembayaran dan fasilitas pendukung operasional.

Baca Juga: Jelang Belajar Tatap Muka Juli, Baru 65 Persen Guru Sumsel Divaksin COVID-19

Pada tahap awal rencananya bus listrik dioperasikan untuk satu dari empat koridor Teman Bus di Palembang, operasional bus sendiri mengacu pada penerapan bus listrik di Surabaya.

Namun, Kementerian Perhubungan terlebih dahulu melihat hasil operasional Teman Bus yang dikelola dalam memutuskan pemberian bus bertenaga listrik, kata dia, pihaknya mengklaim kinerja Teman Bus sudah cukup baik.

"Satu tahun terakhir Teman Bus beroperasi di Palembang sudah mengangkut 1.100.000 penumpang, dengan catatan jumlah itu terjadi selama pandemi COVID-19, jika tidak ada pandemi pasti lebih banyak lagi penumpang," kata dia.

"Karena peminat moda transportasi bus di Palembang amat tinggi dan terus meningkat setiap tahun, sedangkan total aramada Teman Bus di Palembang  ada 66 unit," katanya.(ANTARA)

Baca Juga: Gubernur Sumsel Ganti Rugi Ojol Gegara Pesanan BTS Meal Dibatalkan, Ini Kata Gojek

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait