alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Marhaban Ya Ramadhan, Ini Jadwal Imsakiyah 1 Ramadhan 2021 Kota Palembang

Tasmalinda Senin, 12 April 2021 | 19:48 WIB

Marhaban Ya Ramadhan, Ini Jadwal Imsakiyah 1 Ramadhan 2021 Kota Palembang
Ilustrasi Ramadan. Marhaban Ya Ramadhan, Ini Jadwal Imsak 1 Ramadhan 2021 Kota Palembang

Pemerintah telah menetapkan 1 Ramadhan jatuh pada 13 Februari 2021, besok. Ini jadwal imsakiyah dan salat Ramadhan 2021 kota Palembang, dan sekitarnya.

SuaraSumsel.id - Pemerintah resmi menetapkan 1 Ramadhan 2021 atau 1 Ramadhan 1442 Hijriah. Dengan demikian, maka pada tanggal 13 Februari besok, umat muslim telah melaksanakan ibadah puasa.

Ibadah puasa dilakukan sejak matahari akan terbit atau dikenal dengan sebutan imsakiyah hingga pelaksanaan salat magrib. Berikut ini jadwal imsakiyah untuk warga kota Palembang dan sekitarnya pada 1 Ramadhan 1442 Hijriah.

Berikut jadwal imsakiyah yang dilansir dari Kantor Kementrian Agama (Kemenag) Kota Palembang untuk 1 Ramadhan 1422 H atau Selasa (13/4/2021):

  • Imsak: 04.34 WIB
  • Subuh: 04.44 WIB
  • Zuhur: 12.03 WIB
  • Asar: 15.20 WIB
  • Magrib: 18.05 WIB
  • Isya: 19.14 WIB

Melansir dari NU.or.id- jaringan Suara.com, waktu dimulainya berpuasa ditentukan dengan terbitnya matahari, bukan ditandai dengan waktu imsak.

Baca Juga: Sejak Masa Sriwijaya, Sumsel Terkenal dengan Tiga Jenis Lada Ini

Hal ini juga merujuk pada penjelasan Syekh Abul Hasan Ali bin Muhammad bin Habib Al-Mawardi dalam kitabnya berjudul Al-Iqna' Fil Fiqhi Asy-Syafi'i sebagai berikut.

"Waktu berpuasa adalah dari terbitnya fajar kedua sampai tenggelamnya matahari. Akan tetapi (akan lebih baik bila) orang yang berpuasa melakukan imsak (menghentikan makan dan minum) sedikit lebih awal sebelum terbitnya fajar," (Teheran: Dar Ihsan, 1420 H, hlm. 74).

Dari penjelasan tersebut, dapat disimpulkan bahwa batas untuk mengakhiri kegiatan sahur yakni makan dan minum dimulai saat matahari terbit. Bukan pada seruan imsak dari musala ataupun masjid.

Penetapan waktu imsak 10 menit sebelum waktu subuh sebagai penanda terbitnya matahari adalah bentuk peringatan. Diibaratkan dengan lampu lalu lintas, imsak merupakan lampu kuning.

Jika perubahan dari lampu hijau langsung ke lampu merah tanpa ada lampu kuning terlebih dahulu, tentu akan membahayakan para pengendara. Dengan adanya imsak bertujuan untuk memberikan masa transisi dari sahur menuju ke waktu dimulainya puasa.

Baca Juga: Gerebek Kampung Narkoba Tangga Buntung, Brimob Polda Sumsel Diturunkan

Di bulan Ramadhan penuh berkah ini, mari kita ringankan beban saudara sesama yang kesusahan. Berbagi sambil menambah amalan lewat sedekah makanan bersama Suara.com di laman Indonesia Dermawan. Untuk langsung meng-input jumlah sedekah silakan KLIK DI SINI!

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait