alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ini 5 Menu Khas Buka Puasa Ramadhan Ala Wong Palembang

Tasmalinda Senin, 12 April 2021 | 11:16 WIB

Ini 5 Menu Khas Buka Puasa Ramadhan Ala Wong Palembang
celimpungan Palembang [instagram] Ini 5 Menu Khas Buka Puasa Ramadhan Ala Wong Palembang

Di Palembang, sejumlah makanan ini kemudian menjadi menu khas buka puasa bersama.

SuaraSumsel.id - Dalam hitungan jam, bulan Ramadan tahun ini akan segera tiba. Bulan yang sarat dengan ibadah namun juga ramai dengan pilihan makanan.

Pilihan makanan pun sering disesuai dengan kultur kuliner masakan masyarakatnya. Di Sumatera Selatan misalnya, lima menu ini dikenal sebagai menu khas saat berbuka puasa ala wong Palembang

Kelima menu ini pada waktu biasanya juga bisa ditemui di sejumlah pasar-pasar beduk atau pusat kuliner Palembang. Namun, di bulan Ramadan, menu makanan ini menjadi lebih banyak dijual atau sangat mudah ditemukan.

Berikut lima menu yang menjadi makanan khas berbuka ala masyarakat atau wong Palembang

Baca Juga: Vaksinasi Covid 19 Palembang Tetap Dilanjutkan Selama Ramadan

1. Laksan

Laksan ialah makanan berbahan ikan dan tepung. Hampir sama dengan bahan makanan pempek, yakni pencampuran ikan dan tempung, namun dimasak dengan bentuk yang lebih pipih dan panjang.

Kuah laksan yang terbuat dari santan dan bercampur daging ikan, membuatnya lebih gurih. Bahan dasarnya ialah kuah santan, bumbu gulai dan daging atau kaldu ikan.

Laksan Palembang [instagram laksanpremium]
Laksan Palembang [instagram laksanpremium]

2. Celimpungan

Menu celimpungan juga berbahan dasar ikan dan tepung. Namun makanan celimpungan dibentuk bulat, dengan kuah juga dari santan. Perbedaannya, kuah laksan berwarna lebih merah karena komposisi cabai yang digunakan lebih banyak ketimbang bahan kuah celimpungan.

Baca Juga: Jemaah Dibatasi, Salat Tarawih di Masjid Agung Palembang Tetap 20 Rakaat

Sedangkan celimpungan, kuahnya lebih pucat karena hanya mengandalkan bahan gulai berupa kunyit, tanpa campuran cabai yang banyak.

Lakso Palembang [instagram lakso]
Lakso Palembang [instagram lakso]

3. Lakso

Meski hampir mirip namanya dengan laksan, bentuk lakso lebih unik. Lakso terbuat dari tepung beras, daging ikan dan air dengan komposisi yang lebih pulen. Lalu setelat cukup bisa dibentuk, maka dicetak berbentuk mie. 

Sementara kuah lakso lebih mirip bumbu celimpungan. Kuah lakso dan celimpungan lebih pucat, karena tidak memakai komposisi bumbu cabai yang banyak. 

Baik makan celimpungan atau lakso akan dilengkapi dengan cabai rawit hijau.

4. Pempek

Tentu, jika sudah menyebut nama makanan yang satu ini, sudah pasti dikenal. Menu makanan pempek, rasanya menjadi menu rutin berbuka puasa.

Kandungan daging ikan dan tepung, juga bagus sebagai pengganti makan berat. Pempek sudah dipastikan menjadi menu pilihan saat berbuka.

Tekwan Palembang [Instagram]
Tekwan Palembang [Instagram]

5. Tekwan

Menu berbahan olahan ikan ini, dilengkapi dengan kuah mirip sop. Bumbu pentol tekwannya juga berbahan ikan dan tepung sedangkan kuahnya lebih mirip kuah sop berkaldu ikan bukan daging ayam atau sapi.

Tekwan sangat pas disajikan dalam kondisi hangat dan berkuah pedas. Rasa pedas kuah tekwan berasal dari cabai rawit yang dihaluskan.

Ini lah lima menu khas buka puasa ala wong Palembang.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait