alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Ahli Epidemiologi Unsri : Libur Panjang Ini, Lebih Baik Liburan di Rumah

Tasmalinda Rabu, 28 Oktober 2020 | 08:28 WIB

Ahli Epidemiologi Unsri : Libur Panjang Ini, Lebih Baik Liburan di Rumah
Ilustrasi liburan di rumah. (Elements Envato)

Libur panjang pada akhir bulan ini, sebaiknya masyarakat memilih berada di rumah saja.

SuaraSumsel.id - Libur bersama dengan waktu yang cukup panjang di akhir bulan ini, sebaiknya dihabiskan dengan berada di rumah saja.

Saran ini disampaikan oleh Ahli Epidemiologi Universitas Sriwijaya atau Unsri, Iche Adriayani Liberty, belum lama ini.

Ia mengatakan situasi pendemi mengajarkan semua pihak agar bisa menjaga kesehatan diri guna terhindar dari paparan virus corona atau covid 19. Upaya terhindar virus dapat dilakukan dengan tidak melakukan mobilitas atau mengurangi kunjungan ke lokasi yang padat kunjungan.

“Upaya tidak terpapar atau terhindar, akan lebih baik daripada mendapatkan potensi terpapar. Karena itu, memang lebih baik berada di rumah dalam menghabiskan waktu liburan,” ujar dia.

Upaya menghindari terpapar virus akan sangat penting bagi kalangan masyarakat yang rentan, seperti halnya anak-anak, lansia dan kelompok rentan lainnya.

Sehingga, memilih liburan di rumah juga menekan penyebaran virus tersebut kepada kelompok rentan.

“Terutama pada kelompok rentan,” sambung ia.

Akan tetapi, pilihan berliburan tentu harus melaksanakan protokol kesehatan. Penegakkan disiplin protokol kesehatan dilakukan dengan 3M, yakni menggunakan masker, menjaga jarak hingga mencuci tangan yang rutin.

Iche mengatakan perkembangan virus covid 19 di Sumatera Selatan memperlihatkan situasi yang membaik pada saat ini. Jika dibandingkan dengan beberapa bulan sebelumnya, jumlah pasien yang terpapar mengalami penurunan.

“Akan tetapi, memang di beberapa wilayah upaya tracking atau penelusuran belum mencapai target maksimal. Ini yang harus dikejar oleh pemerintah daerah terkait,” terang ia.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait