Tarif Tol Bakauheni-Kayu Agung Sumsel Diskon 20 Persen Saat Arus Mudik, Berikut Jadwalnya

PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) memberlakukan diskon tarif pada dua ruas terpanjang di Jalan Tol Trans Sumatera (JTTS).

Tasmalinda
Kamis, 13 April 2023 | 12:01 WIB
Tarif Tol Bakauheni-Kayu Agung Sumsel Diskon 20 Persen Saat Arus Mudik, Berikut Jadwalnya
Tol Trans Sumatera. Diskon tol trans Sumatera saat arus mudik [Riaulink]

SuaraSumsel.id - Kabar baik bagi pemudik yang akan melintasi jalan tol Trans Sumatera (JTTS). PT Hutama Karya (Persero) (Hutama Karya) bakal memberlakukan diskon tarif tol saat arus mudik saat ini.

Adapun arus ruas yang bakal mendapatkan diskon yakni ruas terpanjang di Ruas Bakauheni - Terbanggi Besar sepanjang 140 kilometer (km) dan Ruas Terbanggi Besar-Pematang Panggang-Kayu Agung sepanjang 189 km.

“Diskon tarif ini sebagai apresiasi kepada pengguna jalan sekaligus meningkatkan level of interest masyarakat yang ingin kembali ke kampung halaman khususnya dari arah Pulau Jawa menuju Pulau Sumatera atau sebaliknya, dengan memilih JTTS sebagai alternatif jalur mudik,” kata Direktur Operasi III Hutama Karya, Koentjoro melansir ANTARA.

Koentjoro menjelaskan bahwa diskon tarif tersebut akan berlaku pada puncak arus mudik yaitu tanggal 16 April 2023 Pukul 06.00 WIB - 18 April 2023 Pukul 06.00 WIB dan pada arus balik berlangsung di tanggal 26 April 2023 Pukul 06.00 WIB - 28 April 2023 Pukul 06.00 WIB.

Baca Juga:PT Lonsum Berkonflik Lama di Tanah Suku Anak Dalam di Sumsel, Ini Janji Menteri Hadi Tjahjanto

Diskon tarif di kedua ruas tol tersebut sebesar 20 persen, berlaku hanya untuk kendaraan yang melintas dengan jarak tarif terjauh yakni kendaraan yang masuk dari Gerbang Tol Bakauheni Selatan dan keluar di Gerbang Tol Kayu Agung atau sebaliknya.

Diskon tarif yang akan diberlakukan dengan pembulatan kelipatan Rp500 diatur berdasarkan hitungan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT), dengan rincian sebagai Kendaraan Golongan I Semula Rp289.000 menjadi Rp231.500 diskon sebanyak Rp57.500, Kendaraan Golongan II dan III Semula Rp433.000 menjadi Rp346.500, diskon sebanyak Rp86.500, Kendaraan Golongan IV dan V Semula Rp578.000 menjadi Rp462.500 diskon sebanyak Rp115.500.

Diskon tarif itu diharapkan dapat mengurai kepadatan arus mudik dan arus balik di JTTS sehingga distribusi kendaraan yang melintas dapat lebih merata dan tidak menyebabkan kepadatan pada tanggal-tanggal tertentu.

Hutama Karya memprediksi peningkatan Volume Lalu Lintas (VLL) yang akan melintas di JTTS saat Mudik Lebaran 2023 mendatang setelah adanya kebijakan ini yaitu meningkat hingga 37 persen jika dibandingkan dengan VLL normal atau diperkirakan meningkat dua persen jika dibandingkan prediksi VLL Mudik Lebaran sebelum dilakukan diskon tarif.

Hutama Karya terus mengimbau kepada pengguna jalan tol untuk berkendara dengan kecepatan minimum dan maksimum sesuai yang dipersyaratkan, dan tidak menggunakan bahu jalan kecuali dalam keadaan darurat.

Baca Juga:Suami Dijebak Karena Tetiba Narkoba Dilempar ke Meja Kasir, Istri Pedagang di Sumsel Laporkan Anggota Satresnarkoba

Segera beristirahat apabila merasa mengantuk di rest area terdekat serta untuk selalu mematuhi protokol kesehatan yang berlaku dimanapun berada. Apabila pengguna jalan tol mengalami atau melihat tindak kejahatan yang ada di jalan tol maupun rest area agar segera melapor ke Call Centre masing-masing Cabang Tol. [ANTARA]

REKOMENDASI

BERITA TERKAIT

News

Terkini

Tampilkan lebih banyak