Momen Heroik TNI AU Evakuasi Kapolda Jambi, Bergelantungan di Ketinggian 25 Meter: Saya Penerjun, Jadi Sudah Biasa

Momen TNI AU evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono di Bukt Tamiai Kerinci, Jambi heroik.

Tasmalinda
Rabu, 22 Februari 2023 | 10:06 WIB
Momen Heroik TNI AU Evakuasi Kapolda Jambi, Bergelantungan di Ketinggian 25 Meter: Saya Penerjun, Jadi Sudah Biasa
Aksi heroik TNI AU evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono [Sumselupdate]

SuaraSumsel.id - Momen evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono usai mengalami kecelakaan di Bukit Tamiai Kerinci Jambi ramai diperbincangkan publik. Momen ini pun berhasil direkam sekaligus mendapatkan banyak pujian dari netizen.

Sosok TNI AU yang bergelantungan di tubuh Kapolda Jambi saat dievakuasi untuk dibawa oleh Helikopter Super Puma juga mencuri perhatian. Aksinya yang heroik banyak dipuji sebagai prajurit yang pemberani. Sosoknya Kopral Dua Ahmad Novrizal.

Dalam wawancara ekslusifnya bersama Sumselupdate.com-jaringan Suara.com, Kopral Dua Ahmad Novrizal membagikan momen mengevakuasi Kapolda Jambi tersebut.

Terlihat Kopda Ahmad Novrizal bergelantungan di ketinggian 25 meter saat proses evakuasi Kapolda Jambi dan rombongan. Dalam hitungan waktu yang singkat, tubuh Irjen Pol Rusdi Hartono berhasil dievakuasi jalur udara dengan ditarik menggunakan tandu (dargbar). 

Baca Juga:Asyik Main Ponsel Saat Hujan Deras, Gadis di Sumsel Tewas Tersambar Petir

Terlihat beberapa kali tandu dragbar itu berputar-putar di atas ketinggian 25 meter. Kopda Ahmad Novrizal juga tampak sangat erat memeluk dragbar Kapolda Jambi meski bergelantungan di ketinggian.

“Kata orang kan pusing. Alhamdulillah tidak. Karena saya penerjun, jadi bisa cepat menyesuaikan diri di medan,” ucapnya dalam wawancara ekslusif tersebut.

Kopda Ahmad Novrizal melakukan proses evakuasi itu bersama dengan tujuh orang personel, yang salah satunya merupakan dokter dipimpin Letkol Pas Junaidi, Komandan Batalyon 462 Kopasgat .

Saat evakuasi, kondisi lapangan tergolong cukup sulit. Situasi awan gelap sekaligus harus berada di ketinggian dengan kecepatan angin 15 knot. “Dalam hitungan detik saya diwajibkan bisa mengevakuasi Kapolda Jambi,” tandasnya. 

Kapolda alami patah tulang punggung dan tangan

Baca Juga:Polda Sumsel Kirim Helikopter Bantu Evakuasi Kapolda Jambi Irjen Rusdi Hartono

Kapolda Jambi disebutkan mengalami patah tulang punggung dan tangan kanan. Selain mengevakuasi Irjen Pol Rusdi Hartono, tim evakuasi udara dari Kopda Ahmad Novrizal yang menggunakan Helikopter NAS-332 Super Puma TNI AU dengan Noreg H-3211 juga mengevakuasi satu kru Co Pilot yang tersisa.

“Yang saya pikirkan saat bergelantungan bersama dengan Bapak Kapolda Jambi itu, hanya bagaimana beliau bisa tetap safety sampai naik ke atas helikopter. Pak kapolda mengalami patah tulang punggung dan tangan,” ucapnya seraya turut mendoakan agar Kapolda Jambi dan jajaran segera sembuh.

Berita Terkait

"Saat ini saya hanya fokus kepada bisnis," kata Zumi Zola di Gedung Merah Putih KPK, Jakarta seperti dikutip Suara.com pada Selasa (23/5/2023).

deli | 16:49 WIB

Zumi Zola bebas secara bersayarat, setelah menjalani masa hukuman kurang lebih 4 tahun di Lapas Suka Miskin, Bandung, Jawa Barat.

news | 16:20 WIB

Zumi Zola dihadirkan secara daring dari Gedung Merah Putih KPK, Jakarta sebagai saksi dalam persidangan kasus suap ketok palu pengesahan RAPBD Provinsi Jambi.

news | 14:23 WIB

Wakil Ketua DPRD Kota Jambi Fauzi mengatakan DPRD Kota Jambi sudah mendapatkan surat pengunduran diri dari Syarif Fasha.

moots | 06:02 WIB

Dalam melakukan kunjungan kerja ke Jambi, Presiden Jokowi menggunakan taktik yang sama saat melakukan kunjungan kerja ke Lampung, yakni mengubah rute perjalanan.

news | 17:47 WIB

News

Terkini

Program Mini Gerai sudah mulai dilaksanakan sejak bulan November 2022 di Sumatera.

Lifestyle | 16:46 WIB

Dari hasil menabung itu, ia dan bersama istri bisa menunaikan ibadah haji. "Alhamdulilah tahun ini kami bisa menunaikan rukun islam ke 5 ini," sambung Muhammad Khozin.

Lifestyle | 12:54 WIB

Mitha beribadah haji bersama ayahnya yang seorang wiraswasta dan sang ibu seorang guru berstatus ASN.

Lifestyle | 18:50 WIB

Kejaksaan akan segera mengungumkan tersangka kasus korupsi dana hibah KONi Sumsel.

News | 18:29 WIB

Pelaku dan korban ini adalah pasangan kekasih atau berpacaran. Modus penganiayaan sendiri, karena pelaku cemburu dengan korban, ungkap Kompol Bayu

News | 18:03 WIB

Pada 2 musim terakhir BRI telah menjadi sponsor BRI Liga 1.

News | 15:30 WIB

Biasanya kemplang-kemplang yang kering sempurna, mudah dipanggang. Wong Palembang (orang Palembang) senang makan kemplang yang padat. Bantet, bahasa Palembangnya, ujar Sari.

Lifestyle | 08:44 WIB

Saat pandemi Covid 19, PT. Bank Rakyat Indonesia atau BRI berupa merangkul para pengrajin kemplang panggang dengan membentuk klaster Kemplang Panggang.

Lifestyle | 06:18 WIB

"Aku berjanji akan datang ke Indonesia lagi, bersama member-member yang lainnya," pungkasnya.

Lifestyle | 19:14 WIB

Dinas Perkebunan juga sudah mengenalkan upaya peremajaan dengan cara sambung pucuk batang.

Lifestyle | 18:59 WIB

Kuasa hukum dan sanak saudara pelaku mendatangi Pengadilan Negeri (PN) Palembang guna mengajukan gugatan praperadilan terhadap Direktur Ditreskrimum Polda Sumsel.

News | 18:48 WIB

Pelaku UMKM kue dan lauk di Palembang ini mengeluhkan kenaikan harga telur dan daging ayam yang tinggi.

News | 18:07 WIB

Kabag Agama Biro Kesra Sumsel Sunarto mengimbau para calon haji untuk saling menjaga dan membantu sesama.

News | 17:28 WIB

Pendapatan Asli Daerah (PAD) kota Palembang, Sumatera Selatan berasal dari tiga sektor pajak terbesar ini.

Lifestyle | 14:19 WIB

Saat ini tim penyidik pidsus Kejati Sumsel, masih terus berkoordinasi dengan lembaga Badan Pemeriksa Keuangan dan Pembangunan (BPKP) Sumsel.

News | 13:59 WIB
Tampilkan lebih banyak