facebook

Highlight Terpopuler News Lifestyle Indeks

Lahat Punya 179 Wisata Air Terjun, Dominan Dikelola Pribadi Pemilik Lahan

Tasmalinda Selasa, 05 Juli 2022 | 10:35 WIB

Lahat Punya 179 Wisata Air Terjun, Dominan Dikelola Pribadi Pemilik Lahan
Air Terjun Banyu Wana Amertha. Ilustrasi air terjun. Lahat miliki 176 air terjun [Dok. PegiPegi]

"Misalnya yang sudah dikelola cukup memiliki fasilitas terutama bagi pengunjung itu ada di air terjun Cughup Buluh, ujarnya.

SuaraSumsel.id - Kabupaten Lahat memang lekat dengan sebutan sebagai daerah seribu air terjun. Pesona ratusan air terjun ini menghiasi kabupaten dengan topografi perbukitan.

Pemerintah Kabupaten mendata sebanyak 179 air terjun telah dilaporkan oleh warga Lahat. Dari pelaporan tersebut sebenarnya masih ada yang belum terlaporkan.

Dari data tersebut Seketaris Dinas Pariwisata Kabupaten Lahat, Yusri mengungkapkan jika terdapat ratusan air terjun yang telah dilaporkan di wilayah kabupaten Lahat.

Dari ratusan air terjun itu, Pemerintah mengungkapkan jika ada air terjun yang sudah dikelola cukup baik, namun ada juga air terjun yang masih dikelola dengan fasilitas seadanya.

Baca Juga: Suap Program Sertifikat Tanah Gratis, Pegawai dan Petinggi BPN di Sumsel Divonis Lebih Rendah dari Tuntutan

"Misalnya yang sudah dikelola cukup memiliki fasilitas terutama bagi pengunjung itu ada di air terjun Cughup Buluh,” ujarnya.

Sebagian besar air terjun itu dikelola pribadi atau swasta, karena berada di lahan pribadi.

“Air terjun itu banyak di lahan pribadi makanya dikelola secara pribadi, namun sebagian besar belum dikelola secara maksimal, ada yang jauh, ada yang masih sangat alami,” sambung dia.

Air terjun di Kabupaten Lahat, memang sebagian besar merupakan air terjun alami, karena kondisi alam.

“Yang buatan ada seperti di Desa Sindang Panjang. Air terjun di Agrowisata Tanjung Sakti namun sebagian besarnya, air terjun di Lahat ditemukan di alam terbentuk secara alami,” terang Yusri.

Baca Juga: Cuaca Sumsel Hari Ini, Palembang Bersuhu Terik 34 Derajat Celcius

Baca Juga

Berita Terkait