facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Pemantauan Hilal 1 Ramadhan 1443 H di Sumsel Berlangsung Sore Ini, Di Gedung UIN Raden Fatah Palembang

Tasmalinda Jum'at, 01 April 2022 | 09:24 WIB

Pemantauan Hilal 1 Ramadhan 1443 H di Sumsel Berlangsung Sore Ini, Di Gedung UIN Raden Fatah Palembang
Ilustrasi pemantauan hilal atau rukyatul hilal. Di Sumsel, rukyatul hilal atau pemantauan hilal berlangsung sore ini. [Suara.com/Angga Budhiyanto]

Kementerian Agama atau Kemenag Kantor wilayah Sumatera Selatan atau Sumsel memastikan akan memantau hilal 1 Ramadhan nanti sore.

SuaraSumsel.id - Kementerian Agama atau Kemenag Kantor Wilayah Sumatera Selatan memastikan akan menyelenggarakan pemantuan hilal 1 Ramadhan, pada hari ini, 1 April 2022.

Pemantuan hilal akan berlangsung pada sore hari. Pelaksanaan pemantuan akan berlangsung di tower Universitas Islam Negeri (UIN) Raden Fatah Palembang.

Kabag Humas Kakanwil Kemenag Sumsel, Saefuddin mengatakan pemantuan atau rukyatul hilal pada 1 Ramadhan 1443 hijiriah, tahun ini akan sama seperti tahun-tahun sebelumnya. Pelaksanaannya akan berlangsung dari siang hingga pergantian waktu malam, atau magrib.

"DIlaksanakan 1 April nanti, baru setelahnya dilaporkan menjadi pemantuan hilal bersama," ujarnya kepada Suara.com.

Baca Juga: BMKG Prakirakan Cuaca Bulan Ramadhan 2022: Sumsel Bakal Lebih Terik di Siang Hari

Pemantuan hilal akan berlangsung di sebuah bangunan tinggi yang menjadi representatif lokasi ketinggian dengan topografi wilayah Sumsel. "Di Sumsel hanya dilaksanakan di Palembang, dengan lokasi tertinggi di atas bangunan tinggi," terangnya.

Penentuan lokasi juga memudahkan tim pemantau nantinya melihat posisi matahari terhadap bumi, dan bagaimana  pergantian posisi bulannya.

"Seluruh pantuan nantinya dilaporkan ke Kemenag, untuk kemudian menjadi bahan dalam rapat musyarawarah atau sidang isbat, menentuan 1 Ramadhan 1443 hijriah," ujarnya.

Saefuddin pun mengungkapkan sampai saat ini, baru pemantuan hilal yang dilakukan oleh Kementerian Agama (Kemenag) yang bakal digelar dalam penentuan 1 Ramadhan nantinya.

Baca Juga: Masjid-Masjid di Sumsel Tunggu Edaran Kementerian Agama Soal Aturan Ibadah saat Ramadhan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait