facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tempe Tak Baik bagi Pengidap Asam Urat? Begini Faktanya

Tasmalinda Kamis, 27 Januari 2022 | 06:00 WIB

Tempe Tak Baik bagi Pengidap Asam Urat? Begini Faktanya
Ilustrasi tempe. Tempe tidak bagi bagi pengidap asam urat [Shutterstock]

Mengkonsumsi tempe tidak dianjurkan bagi penderita penyakit asam urat.

SuaraSumsel.id - Tempe termasuk kudapan yang paling digemari. Selain mudah ditemui, juga dapat diperoleh dengan harga tergolong murah. Karena itu, banyak rumor yang beredar mengenai tempe ini, salah satunya resiko penyakit asam urat.

Sehingga tak sedikit orang-orang dengan penyakit asam urat pun enggan untuk konsumsi tempe. 

Pengidap asam urat pantang untuk konsumsi makanan yang terbuat dari kedelai, seperti tahu dan tempe. Ini karena kandungan purin di dalam tahu dan tempe bisa memicu kekambuhan asam urat yang dialami penderita. 

 Melansir herstory.co.id-jaringan Suara.com, gangguan asam urat saat kambuh ini akan menyebabkan beberapa gejala, seperti pembengkakak, sensasi panas pada sendi, dan perasaan sakit yang cukup parah hingga sulit untuk bergerak. 

Baca Juga: Ratusan Hektar Sawah di Sumsel Terendam Banjir, Benih Jadi Busuk

Sendi-sendi yang diserang kelainan ini terjadi pada jari-jari kaki dan tangan serta pergelangan kaki dan lutut. Selain tahu dan tempe, makanan yang mengandung purin lainnya yaitu kerang dan daging.

Sehingga, orang dengan penyakit asam urat memang tidak boleh makan tempe adalh fakta karena kandungan purin di dalamnya yang bisa memicu kekambuhan penyakit ini.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait