facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tower SUTT Roboh akibat Tanah Longsor, Listrik Sebagian Bengkulu Padam

Wakos Reza Gautama Jum'at, 21 Januari 2022 | 15:18 WIB

Tower SUTT Roboh akibat Tanah Longsor, Listrik Sebagian Bengkulu Padam
Ilustrasi Pengoperasian SUTT dan Gardu Induk. Tower SUTT roboh karena longsor akibatkan sebagian listrik Bengkulu padam. [ANTARA News Papua/HO-Humas PLN Papua]

92.796 pelanggan di Bengkulu yang hingga saat ini mengalami pemadaman listrik total.

SuaraSumsel.id - Sebanyak 586 gardu distribusi listrik untuk wilayah Provinsi Bengkulu padam akibat longsor yang terjadi di jalan lintas Bengkulu - Pagar Alam tepatnya di Kecamatan Tanjung Sakti Kabupaten Lahat Provinsi Sumatera Selatan.

Dampak dari padamnya 586 gardu listrik itu, ada sekitar 92.796 pelanggan yang hingga saat ini mengalami pemadaman listrik total.

"Dari pukul 19.00 WIB, gardu induk di wilayah Manna kehilangan pasokan daya karena tower roboh akibat longsor yang terjadi," kata Manager Perusahaan Listrik Negara (PLN) UP3 Bengkulu, Hendra Irawan, Jumat (21/1/2022).

Pemadam tersebut karena Saluran Udara Tegangan Tinggi (SUTT) dengan tegangan 150 Kilo Volt (KV) No.107 yang ngaliri listrik wilayah Pagar Alam dan Manna Kabupaten Bengkulu Selatan roboh.

Baca Juga: Kota Jayapura Kini Punya Stasiun Pengisian Kendaraan Listrik

Selain itu, terdapat gangguan penghantar listrik di satu gardu induk Manna padam dan 2 kabupaten lainnya yaitu Kabupaten Bengkulu Selatan serta Kaur.

Oleh karena itu, PT PLN sedang berupaya memulihkan kondisi kelistrikan di Pagar Alam - Manna setelah robohnya tower tersebut.

Saat ini pihaknya berupaya untuk menormalkan jaringan yang terdampak dengan melakukan pelacakan gangguan, persiapan peralatan material Emergency Restoration System (ERS).

Serta perbaikan 1 line untuk penormalan, backup genset mobile dan pengoperasian emergency sinkron Pembangkit Listrik Tenaga Mikrohidro atau Minihidro (PLTM) Padang Guci 2.

Sekitar 12 genset yang membantu, genset tersebut berasal dari Palembang sebanyak 3 genset, Jambi dua genset, satu genset dari Muara Bungo, tiga genset dari Bengkulu dan tiga genset dari wilayah Tanjung Karang.

Baca Juga: Volkwagen Dikabarkan Kembali Pasarkan Mobil Listrik Murah yang Sempat Stop Produksi

"Mudah-mudahan dengan bisa dioperasikannya PLTM Padang Guci 2 dan adanya genset mobile ini bisa membantu penormalan dari sisi jaringan ke pelanggan terdampak baik di ULP Manna maupun Bintuhan dengan bertahap," ujarnya.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait