facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Palembang tak Perlu Surat Pernyataan Orang Tua

Wakos Reza Gautama Jum'at, 21 Januari 2022 | 09:26 WIB

Vaksinasi Anak 6-11 Tahun di Palembang tak Perlu Surat Pernyataan Orang Tua
Ilustrasi vaksinasi anak usia 6-11 tahun. Vaksinasi anak 6-11 tahun di Palembang tidak perlu surat pernyataan orang tua. [Instagram@dinkesdki]

vaksinasi anak usia 6-11 tahun tidak perlu menggunakan surat pernyataan dari pihak orang tua

SuaraSumsel.id - Vaksinasi COVID-19 anak usia 6-11 tahun di Kota Palembang, Sumatera Selatan (Sumsel), tidak perlu surat pernyataaan dari orang tua atau wali.

Kepala Dinas Kesehatan Kota Palembang Fenty Aprina mengatakan vaksinasi anak usia 6-11 tahun tidak perlu menggunakan surat pernyataan dari pihak orang tua sebagai syarat anak mereka divaksin COVID-19.

Menurut dia, pihaknya hanya mewajibkan setiap orang tua atau wali untuk mendampingi anaknya secara langsung saat mereka hendak melakukan vaksinasi COVID-19.

Sebab dengan mendapat pendampingan dari orang tua atau wali maka anak tersebut sudah dianggap siap mendapatkan vaksinasi untuk dosis pertama ini.

Baca Juga: Pekerja Waskita Tidak Laporkan Penemuan Nisan Makam Kuno, Budayawan Palembang: Jangan Sampai Terulang

"Anak usia 6-11 tahun itu harus diantar dan didampingi orang tua atau walinya. Kalau orang tua atau walinya itu mengantar berarti mereka setuju anaknya di vaksinasi itu saja," ujarnya dikutip dari ANTARA.

Fenty menganggap, keberadaan surat pernyataan dari orang tua seperti yang dilakukan di daerah lain tersebut justru hanya memberikan kesan yang menakutkan kepada para orang tua sehingga percepatan vaksinasi anak sulit terwujud.

Padahal, lanjutnya, vaksinasi COVID-19 itu sebetulnya aman untuk anak-anak karena sudah teruji dan mendapatkan rekomendasi dari Kementerian Kesehatan.

"Kalaupun ada kejadian KIPI maka akan ditangani bersama Dinas Kesehatan, termasuk juga ada Pomda KIPI, Komnas KIPI, kalau terjadi apa-apa akan ditangani pemerintah," ujarnya.

Maka dari itu ia memastikan semua anak-anak usia 6-11 tahun di Kota Palembang ini bisa mengikuti vaksinasi COVID-19 dimana saja tidak terbatas di rumah sakit, puskesmas, atau fasilitas kesehatan lainnya termasuk di sekolah-sekolah.

Baca Juga: 2.500 Benih Ikan Patin Disebar di Sungai Musi, Cegah Kepunahan

Sebab selain aman, pemerintah memastikan pelayanan vaksinasi ini gratis dengan stok vaksin yang cukup.

IKUTI BERITA LAINNYA DI GOOGLE NEWS

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait