alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Digitalisasi Mendorong Pariwisata Sumsel Makin Dikenal meski Pandemi

Tasmalinda Jum'at, 19 November 2021 | 19:36 WIB

Digitalisasi Mendorong Pariwisata Sumsel Makin Dikenal meski Pandemi
Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata, Aufa Syahrizal

Provinsi Sumatera Selatan terus mempromosikan pariwisata meski dalam situasi pandemi COVID-19.

SuaraSumsel.id - Pandemi Covid-19 yang telah berlangsung hampir dua tahun ini, mengakibatkan banyak sektor mengalami stagnisasi, termasuk pariwisata.

Hal pun ini dialami sektor pariwisata di Sumatera Selatan. Situasi pandemi COVID-19 ini pun tidak boleh dibiarkan berlarut, semua pihak diharapkan bisa mulai "bersahabat" dengan virus. 

Harapan ini yang disampaikan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan guna memulihkan sektor ekonomi dan pariwisata yang sempat mati suri akibat pandemi COVID-19. Pemanfaatan teknologi informasi atau digitalisasi, membuat pariwisata masih bisa terus tumbuh.

" Alhamdullilah pada 19 Juni lalu kita sudah meluncurkan aplikasi Giwang (Genta- Informatif Wisata - Andalan - Nyaman dan GEMPITA) yang memudahkan kita mengenal pariwisata Sumatera Selatan," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Sumsel , Aufa Syahrizal saat Webinar yang diselenggarakan Suara dengan tajuk Pemulihan Sektor Ekonomi dan Pariwisata di Sumatera Selatan, Jumat (19/11/2021). 

Baca Juga: Yuk Saksikan Gerhana Bulan Malam Ini, di Sumsel Terlihat Pukul 19.05 WIB

Produk digitalisasi berupa aplikasi Giwang berfilosofi ialah sebuah anting. Dalam bahasa Sumatera Selatan, Giwang ialah sebuah perhiasan, yang bertujuan mempercantik diri.

"Maka itu aplikasi kita beri nama Giwang , yang maknanya destinasi wisata yang cantik serta menarik. Jadi siapa yang ingin atau penasaran ke Sumsel bisa melihat berselancar dulu ke aplikasi tersebut untuk mendapatkan informasi wisata  seputar Sumsel," ungkap Aufa. 

Aplikasi Giwang ini, tidak hanya membahas sektor pariwisata, namun juga berbagai informasi di sektor lainnya.

"Bagi siapa saja yang ingin mengetahui potensi Sumsel bisa langsung klik aplikasi Giwang Sumsel. Misal ingin ke Banyuasin di aplikasi tersebut banyak penjelasan tentang letak geografis Banyuasin, mulai tentang Banyuasin, destibasi wisata apa saja yang ada di Banyuasin , kuliner, akomodasi dan lainnya," tuturnya. 

Dengan aplikasi ini pun, wisatawan juga bisa mengukur pengeluaran mereka jika ingin makan atau membeli oleh - oleh.

Baca Juga: Live Webinar Pemulihan Ekonomi dan Pariwisata Sumsel Usai Pandemi COVID-19

"Semua informasi tentang Sumsel ada di Giwang Sumsel.  Aplikasi ini terlengkap tentang destinasi Sumsel," ujarnya.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait