facebook

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Donatur Dorong LPK Akparnus Berdaya Sumsel Tekan Angka Pengangguran

Fabiola Febrinastri Rabu, 17 November 2021 | 13:29 WIB

Donatur Dorong LPK Akparnus Berdaya Sumsel Tekan Angka Pengangguran
Kuliah umum LPK Akparnus Berdaya Angkatan I Sumatera Selatan. (Dok: Istimewa)

Ia mendorong pendidikan LPK Akparnus Berdaya Sumsel berbentuk vokasi.

SuaraSumsel.id - Untuk membuka mindset mahasiswa tentang peluang orientasi kerja dan wirausaha di sektor pariwisata dan perhotelan, ratusan mahasiswa baru Lembaga Pendidikan Kepelatihan (LPK) Akademi Pariwisata Nusantara Berdaya (Akparnus Berdaya) Angkatan I Sumatera Selatan, mengikuti Kuliah Umum di Santika Premiere, Palembang, Sumsel, Selasa (16/11/2021).

"Tujuan kuliah umum ini adalah untuk memotivasi mahasiswa baru, agar memahami pendidikan vokasi, yang akan dibutuhkan untuk menjadi tenaga kerja profesional. Lulusan memiliki peluang besar, utamanya konsentrasi pada manajemen perhotelan, hospitality, meeting incentive conference dan exhibition (mice), dan manajemen bisnis pariwisata," ujar Donatur Utama Beasiswa Indonesia Recovery, Syafii Efendi, MM.

Ia mendorong pendidikan LPK Akparnus Berdaya Sumsel berbentuk vokasi, sehingga dapat menbantu anak muda Indonesia, agar menjadi tulang punggung keluarganya serta menjadi sumber mata air di lingkungannya.

“Satu tahun mereka langsung magang kerja. Harapan kita, mereka menyambung D3 atau S1-nya mengunakan uang hasil magang mereka. Kemudian tenaga dosen merupakan GM-GM hotel dan para praktisi di bidangnya. Kita yakin, mereka menjadi tenaga ahli," jelas Syafii Efendi.

Baca Juga: Tingkatkan Kesiapan Lembaga Pelatihan Kerja, Kemnaker Gelar Asesmen

Ia melanjutkan, LPK Akparnus Berdaya Sumsel sudah melakukan kerja sama dengan kurang lebih 600 hotel di Indonesia untuk penyaluran tenaga kerja.

"Satu tahun belajar bisa langsung kerja, dan khusus untuk hafidz Quran, kita berikan 100 persen beasiswa," jelas Syafii Efendi, yang sekarang juga menjabat sebagai Presiden Pemuda Organisasi Kerjasama Islam (OKI) ini.

"LPK Akparnus Berdaya Sumsel memiliki visi sebagai sebuah lembaga pendidikan dan pelatihan yang unggul, berkualitas, dan mandiri, yang ke depan mampu melahirkan lulusan untuk mampu bersaing dengan di skala nasional dan internasional, memenuhi standar mutu terbaik dengan orientasi kerja dan wirausaha di era 4.0," pungkas Syafii Efendi.

Kuliah Umum LPK Akparnus Berdaya Sumsel kali ini mengangkat tema "Mengenal Lebih Dalam Potensi Pariwisata", yang dihadiri oleh Ketua Dewan Pakar Pusat LPK Akparnus Berdaya, Oktasari Sabil, S.Sos. M.Si, Wakil Ketua DPRD Sumsel, H.Muchendi Ishak Mekki, Kepala Dinas Kearsipan Provinsi Sumatera Selatan, Prof Dr H Edwar Juliartha, S.Sos. MM.

Baca Juga: Serikat Pekerja Usulkan Kemnaker Kembangkan Program Pelatihan

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait