alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Masih Muda Sudah Beruban? Begini Cara Mencegahnya

Eliza Gusmeri Sabtu, 25 September 2021 | 11:19 WIB

Masih Muda Sudah Beruban? Begini Cara Mencegahnya
Gambar oleh Olya Adamovich dari Pixabay

Secara umum uban muncul karena faktor genetik maupun usia. Ada yang menilai bahwa uban sebagai bentuk kedewasaan dan kebijaksanaan.

SuaraSumsel.id - Masalah uban tidak hanya menyerang di usia tua. Namun, masalah ini juga menyerang kalangan muda.

Secara umum uban muncul karena faktor genetik maupun usia. Ada yang menilai bahwa uban sebagai bentuk kedewasaan dan kebijaksanaan.

Sebaliknya juga ada yang merasa risih dengan keberadaanya dan berusah untuk mengobati.

Berikut adalah cara mengatasi uban yang muncul di usia muda

Baca Juga: 5 Tips Jitu Mengatasi Uban di Usia Muda

1. Berhenti merokok

Mengutip Italian Dermatology Online Journal, salah satu penyebab munculnya uban di usia muda salah satunya adalah karena adanya kebiasaan merokok. Hal ini disebabkan karena kebiasaan buruk merokok dapat menyebabkan rusak dan menyusutnya folikel rambut. Belum lagi rokok juga dapat menyebabkan hilangnya pigmentasinya sehingga uban bisa muncul walau usia masih relatif muda.

Dalam Italian Dermatology Online Journal dijelaskan bahwa seorang perokok dinilai lebih rentan mengalami ubanan di usia muda, bahkan sebelum usianya menginjak 30 tahun.

2. Gunakan minyak almond dan jus lemon

Minyak almond memiliki Vitamin E yang sangat bermanfaat untuk rambut. Kandungan ini juga dapat memelihara akar rambut dan mencegah rambut dari uban. Adapun untuk jus lemon tidak hanya menambah kilau dan volume pada rambut, tetapi juga meningkatkan pertumbuhan rambut yang sehat. Minyak almond dan jus lemon keduanya merupakan bahan yang mudah didapat daripada yang dapat membantu Anda menghilangkan uban secara alami.

Baca Juga: Rambut Sudah Beruban di Umur 22, Wanita Ini Dulu Diejek tapi Kini Malah Jadi Tren

Dikutip dari Be Beautiful, cara menggunakannya pun cukup mudah, campur minyak almond dan jus lemon dalam wadah dengan takaran 2:3. Pijat dengan baik di kulit kepala dan rambut. Cuci bersih setelah 30 menit.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait