alexametrics

Pilihan Terpopuler News Lifestyle Indeks

Tersangka Korupsi BUMD, Profil Alex Noerdin: Mantan Gubernur hingga Ketua Golkar

Tasmalinda Kamis, 16 September 2021 | 17:34 WIB

Tersangka Korupsi BUMD, Profil Alex Noerdin: Mantan Gubernur hingga Ketua Golkar
Mantan Gubernur Sumsel, Alex Noerdin [Selasa (20/4]

Nama Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin sudah terkenal. Rekam jejaknya sebagai Gubernur sekaligus mantan ketua Partai Golkar.

SuaraSumsel.id - Nama Alex Noerdin sudah cukup terkenal. Ia menapaki jejak lama sebagai Gubernur Sumatera Selatan dua periode, pada 2008-2018.

Sebelumnya ia adalah Bupati Musi Banyuasin, yang juga merupakan kader Partai Golkar. Alex Noerdin pun sempat memimpin Partai Golkar Sumatera Selatan lebih dari dua periode. Berikut profil Alex Noerdin, mantan Gubernur Sumsel yang kini menjadi tersangka atas kasus di tubuh BUMD Provinsi Sumatera Selatan, PDPDE Hilir.

Alex Noerdin lahir 9 September 1950. Saat ini, ia menjabat anggota DPR RI komisi VII. Sebelumnya, ia adalah Gubernur Sumatera Selatan, dua periode yang menjabat sejak 7 November 2008 hingga 21 September 2018.

Sebelum menjadi Gubernur, ia adalah Bupati Musi Banyuasin selama dua periode berturut-turut  yakni 2001—2006 dan 2007—2012).

Baca Juga: UMK Naik Jadi Rp3,27 Juta, Pekerja Palembang Ungkap Kenyataan Berbeda

Pada 14 Juni 2008, dalam periode kedua masa jabatan sebagai Bupati Musi Banyuasin, Alex Noerdin mengundurkan diri karena ingin menjabat sebagai Gubernur Sumatra Selatan pada Pilkada Sumatra Selatan periode 2008—2013.

Alex Noerdin kembali maju dalam Pemilihan umum Gubernur Sumatra Selatan 2013, tepatnya tanggal 6 Juni 2013.

Saat itu, Alex Noerdin sudah menjabat Ketua DPD Partai Golkar dan maju bersama Ishak Mekki, yang juga merupakan Ketua Partai Demokrat Sumsel.

Alex Noerdin - Ishak Mekki kembali memenangkan pemilihan umum tersebut dan menjadi gubernur Sumatra Selatan untuk yang kedua kalinya.

Eks Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, memberikan keterangan sebagai saksi di Pengadilan Tipikor Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (23/5). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi
Eks Gubernur Sumatera Selatan, Alex Noerdin, memberikan keterangan sebagai saksi di Pengadilan Tipikor Palembang, Sumatera Selatan, Selasa (23/5). ANTARA FOTO/Nova Wahyudi

Pendidikan Alex Noerdin

Baca Juga: Sajikan Sejarah Tempo Dulu, Palembang Bikin Pasar Terapung

Berdasarkan riwayat pendidikannya, Alex meraih gelar sarjana dari Universitas Trisakti pada tahun 1980 dan Universitas Atmajaya pada tahun 1981.

Merangkup Wikipedia, Alex pernah mengikuti beberapa pelatihan, di antaranya:

  1. International Training Course in Regional Development Planning
  2. United Nations Centre for Regional Development (UNCRD) di Nagoya (1985)
  3. Post Graduate Diploma: Integrated Development Management Institute for Housing Studies di Rotterdam (1987—1988)
  4. Program of the United Housing Urbanization di Universitas Harvard (1992)
  5. International Training Course in Integrated Urban Policy United Nations Population Fund (UNFP) di Kobe (1996)

Keluarga

Alex Noerdin adalah putra ketiga dari tujuh bersaudara pasangan H. Muhamad Noerdin Pandji yang berasal dari Gunung Meraksa Baru, Empat Lawang dengan Hj. Siti Fatimah yang berasal dari Sekayu, Musi Banyuasin.

Noerdin Pandji lahir pada 13 November 1924. Setelah lulus masuk Gyogun yakni sekolah militer Jepang di Pagaralam.

Alex Noerdin menikah dengan Sri Eliza.

Dari hubungan tersebut, mereka dikaruniai tiga orang anak. Sang anak sulung, Dodi Reza Alex Noerdin kini menjabat sebagai Bupati Musi Banyuasin.

Saat ini, kepemimpinan Partai Golkar Sumatera Selatan pun dipegang oleh Dodi Reza Alex Noerdin.

Baca Juga

Komentar

Berita Terkait